Sukses


Tidak Hanya Elkan Baggott, Ipswich Town Ternyata Punya Satu Lagi Pemain Keturunan Indonesia

Bola.com, Jakarta - Elkan Baggott mengawali karier di akademi Ipswich Town. Bek Timnas Indonesia itu pun bisa menembus skuad senior Tractor Boys.

Meski harus diakui, sampai sekarang Elkan Baggott masih sangat kesulitan untuk bersaing di tim utama Ipswich Town. Baggott ternyata bukan satu-satunya pemain keturunan Indonesia yang saat ini memperkuat Ipswich Town.

Ada satu sosok lain yang bernama Massimi Luongo. Sang pemain lahir dan besar di Australia, serta berasal dari pasangan Italia-Indonesia.

Ayah Massimi Luongo berasal dari Italia. Sementara itu, ibunya disebut merupakan putri dari Sultan Bima dan Dompu, AA Sirajuddin.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kembali Lagi

Massimo Luongo pernah merasakan akademi pemain muda Tottenham Hotspur. Ia pun sempat memperkuat Ipswich Town dengan status pinjaman pda 2012.

Sejak Januari 2023, Massimo Luongo kembali memperkuat Ipswich Town. Pemain yang kini berusia 31 tahun itu menjadi andalan di lini tengah klub itu.

Massimo Luongo memiliki peran cukup penting dalam keberhasilan Ipswich Town mendapatkan tiket promosi ke Premier League 2024/2025.

3 dari 3 halaman

Pilih Australia

Meski memiliki garis keturunan Indonesia dan Italia, Massimo Luongo tidak memperkuat Timnas dua negara tersebut.

Massimo Luongo justru memilih untuk membela Timnas Australia. Negara itu memang tempat ia lahir dan dibesarkan.

Luongo sudah mencatatkan 46 caps bersama Timnas Australia. Dia pun sudah mencetak enam gol untuk Socceroos.

Selain itu Massimo Luongo juga memberikan satu gelar juara untuk Timnas Australia, yakni gelar juara Piala Asia edisi 2015.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer