Sukses


Prediksi Final Piala AFF U-19 2024, Thailand Vs Timnas Indonesia U-19: Yuk Bisa Akhiri Penantian Panjang

Bola.com, Jakarta - Laga penentuan juara Piala AFF U-19 2024 akan mempertemukan dua tim kuat. Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menghadapi Thailand U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam.

Timnas Indonesia U-19 sendiri tercatat baru sekali menjuarai Piala AFF U-19, yakni pada edisi 2013, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Kebetulan, tim itu ditangani oleh Indra Sjafri yang kini juga masih menjadi pelatih kepala Garuda Nusantara.

Sayangnya, itu jadi satu-satunya trofi juara yang diraihnya saat turnamen digelar di Jawa Timur. Indra Sjafri sebenarnya berkesempatan mengulang prestasi serupa.

Setelah itu, belum ada lagi trofi Piala AFF U-19 untuk Timnas Indonesia U-19. Peluang itu muncul di tahun ini dan kali ini akan menghadapi Thailand.

Kebetulan, lokasi dua edisi turnamen yang berselisih 11 tahun itu sama-sama di Jawa Timur. Indra Sjafri mengaku ingin kembali mengulang momen seperti tahun 2013 itu.

“Saya bersyukur kita bisa ke final, seperti yang saya sampaikan kemarin bahwa ini berarti final kedua buat saya di Jawa Timur. Mudah-mudahan Jawa Timur menjadi daerah yang baik untuk saya,” ucap Indra Sjafri.

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Persiapan Satu Hari

Timnas Indonesia U-19 cuma punya waktu sehari untuk mempersiapkan final Piala AFF U-19 2024. Mereka baru menang 1-0 atas Malaysia dalam semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam.

Para pemain Timnas Indonesia U-19 tentu dalam kondisi kelelahan dengan jadwal yang mepet. Indra Sjafri menginstruksikan kepada para staf medis untuk membantu pemulihan cepat demi siap tempur melawan Thailand.

Kondisi pemain Timnas Indonesia U-19 secara keseluruhan memang tidak menghadapi kendala. Namun, ada satu pemain yang sempat mengalami cedera, yakni bek tengah Alfharezzi Buffon.

Buffon mengalami benturan dengan kiper Ikram Algiffari di laga ini. Namun, dia tetap bisa bertanding dengan mengenakan perban untuk menutup lukanya. Buffon bahkan mencetak gol penentu laga ini.

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Buffon

Indra Sjafri belum bisa memastikan kondisi Buffon yang mengalami luka itu. Dilihat dari performanya, bahkan mencetak gol saat masih terluka, bek bernomor punggung 5 itu tampaknya bisa main di laga final.

“Kami juga kelelahan. Saya berharap Buffon aman dan semua pemain enggak ada yang cedera. Saya minta tim dokter mencari siapa-siapa saja yang pemain yang cedera. Dan memberikan kemungkinan yang cepat terhadap pemain-pemain,” kata Indra Sjafri.

Di sisi lain, Thailand menang 1-0 dalam semifinal melawan Australia dalam semifinal (27/7/2024). Hal itu membuat Thailand juga hanya punya jeda satu hari untuk mempersiapkan pertandingan.

Meski demikian, Emerson Pereira tidak risau dengan jadwal padat ini. Dia akan mempersiapkan timnya demi menghadapi tuan rumah Timnas Indonesia U-19 dalam partai puncak.

“Kami hanya punya waktu satu hari untuk pulih, lagi-lagi hanya satu hari lagi. Kami perlu menganalisis lagi siapa yang bisa main untuk pertandingan berikutnya. Mungkin ada masalah, tetapi saya pikir kami hanya bisa berjuang dalam satu pertandingan terakhir,” ujar pelatih asal Brasil tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Thailand Langganan Juara

Thailand masih mungkin tampil lebih baik untuk menjegal upaya Timnas Indonesia U-19 meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024.

“Kami harus berjuang dalam pertandingan ini. Saya pikir Indonesia adalah tim yang sangat bagus. Saya perlu berbicara tentang posisi kami dalam pertandingan,” ujar Emerson Pereira.

“Tim kami bermain sangat baik dalam dua pertandingan terakhir. Dari segi organisasi, saya pikir ini adalah titik menuju pertandingan final. Jadi saya sangat bangga dengan para pemain ini. Kami harus memiliki fokus yang sama seperti pertandingan terakhir,” tuturnya.

Thailand U-19 termasuk tim langganan juara, bahkan memiliki koleksi Piala AFF U-19 terbanyak bersama Australia. Thailand menjadi juara dalam lima edisi, yakni 2002, 2009, 2011, 2015, dan 2017.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (3-4-3): Ikram Algiffari (kiper); Alfharezzi Buffon, Kadek Arel, Iqbal Gwijangge (belakang); Mufli Hidayat, Figo Dennis, Kafiatur Rizky, Dony Tri Pamungkas (tengah); Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, Riski Afrisal (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand U-19 (3-4-1-2): Kittipong Bunmak (kiper); Jhetsaphat Kuanthanom, Singha Marasa, Jirapol Saelio (belakang); Pikanet Laohawiwat, Rapeephat Padthaisong, Phongsakorn Sangkasopha, Piyawat Petra; Thanakrit Chotmuangpak (tengah); Pitipong Wongbut, Caelan Ryan (depan)

Pelatih: Emerson Pereira

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer