Sukses


Bek Timnas Indonesia U-19 Siapkan Mental Hadapi Thailand di Final Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 tak banyak memiliki waktu untuk persiapan laga final Piala AFF U-19 2024. Mereka akan menghadapi Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam.

Thailand sendiri sukses menang 1-0 atas Australia dalam laga semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) sore. Sedangkan Timnas Indonesia U-19 unggul dengan skor yang sama kontra Malaysia, Sabtu malam.

Kemenangan atas Malaysia sendiri telah mengakhiri kutukan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19. Itu jadi kemenangan pertama bagi skuad Garuda Nusantara setelah 22 tahun tak pernah mengalahkan Malaysia.

Sebelum saling berhadapan pada edisi 2024, Timnas Indonesia U-19 dan Malaysia U-16 telah enam kali bentrok di Piala AFF sejak 2002.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-19 menelan tiga kekalahan dan tiga pertandingan lainnya berakhir seri. Malaysia U-19 masih terlalu superior untuk Garuda Nusantara. Tapi, kali ini mereka menundukkan Malaysia dan menjaga asa juara di Piala AFF U-19 2024.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jangan Berlebihan

Bek Timnas Indonesia U-1, Iqbal Gwijangge, merasa timnya tidak perlu dalam euforia berlebihan setelah menundukkan Malaysia. Thailand kini sudah menunggu untuk pertandingam final.

"Kami fokus lagi ke pertandingan selanjutnya, karena jaraknya sangat dekat. Jadi saya rasa semua pemain akan, mungkin merayakannya tidak terlalu berlebihan," kata Iqbal.

"Kami fokus lagi besok mempersiapkan pertandingan final. Pelatih mengingatkan, jangan terlalu berlebihan, tetap fokus lagi. Dan kita harus juga lebih baik juga di hari besok. Dan semoga di final kita bisa menang," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Siapkan Mental

Iqbal Gwijangge merasa timnya perlu menyiapkan mental menghadapi Thailand. Tinggal satu kemenangan saja Garuda Nusantara akan merengkuh trofi juara turnamen tersebut.

"Yang paling penting, menurut saya sudah bisa menang. Kami harus mempersiapkan mental. Karena kita juga di Thailand, permainannya hampir sama dengan kita," ujar Iqbal.

"Jadi kita sudah melihat hadapan mereka. Dan kita harus mempersiapkan lagi. Targetnya yang pasti juara," tutur bek bernomor punggung 21 tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Kendala Cedera?

Timnas Indonesia U-19 cuma punya waktu sehari untuk mempersiapkan final Piala AFF U-19 2024. Para pemain Timnas Indonesia U-19 tentu dalam kondisi kelelahan dengan jadwal yang mepet.

Kondisi pemain Timnas Indonesia U-19 secara keseluruhan memang tidak menghadapi kendala. Namun, ada satu pemain yang sempat mengalami cedera, yakni bek tengah Alfharezzi Buffon.

Buffon mengalami benturan dengan kiper Ikram Algiffari di laga ini. Namun, dia tetap bisa bertanding dengan mengenakan perban untuk menutup lukanya. Buffon mencetak gol penentu laga kontr Malaysia, meski seharrusnya tercatat sebagai gol bunuh diri.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer