Sukses


Jadi Kiper Terbaik Piala AFF U-19 2024, Ikram Algiffari dan Ernando Ari Ternyata Saling Ngefans

Bola.com, Jakarta Kiper Timnas Indonesia U-19, Ikram Algiffari, menyabet gelar individu kiper terbaik di Piala AFF U-19 2024. Hal itu tidak lepas dari performanya dalam lima laga sejak fase grup sampai final yang tak pernah absen.

Ikram mampu membukukan empat clean sheet dalam jumlah penampilan itu. Total, Timnas Indonesia U-19 kebobolan dua gol, yang semuanya dicetak Timor Leste, dalam lima laga Piala AFF U-19.

Ikram sendiri hanya kebobolan satu gol. Satu gol lainnya terjadi setelah dia ditarik keluar diganti I Wayan Arta Wiguna saat Timnas Indonesia U-19 menang 6-2 atas Timor Leste di matchday ketiga Grup A (23/7/2024).

Titel individu dan gelar juara Piala AFF U-19 2024 melengkapi prestasi Ikram bersama Timnas Indonesia U-19. Menariknya, Ikram mengaku mengidolakan sosok Ernando Ari, kiper Timnas Indonesia senior yang membela Persebaya Surabaya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sama-sama Kagum

Selama ini, Ikram mengaku banyak belajar dari para penjaga gawang Timnas Indonesia senior.

Ada satu kiper yang jadi panutannya untuk terus menempa diri, dia adalah Ernando Ari Sutaryadi, kiper Timnas Indonesia sekaligus Persebaya Surabaya.

“Kalau dari cara bermain dari Mas Ernando, karena dia sangat tenang dan kalem. Belum pernah satu tim dengan dia,” ujar Ikram.

3 dari 4 halaman

Ernando Ngefans

Ernando mengaku kaget saat mendengar bahwa Ikram banyak belajar darinya. Sebab, mereka belum pernah satu tim. Namun, Ernando juga mengaku mengidolakan sosok Ikram yang mencapai prestasi gemilang.

“Saya malah ngefans sama dia. Dia bisa jadi kiper terbaik, saya malah belum bisa apa-apa. Saya mungkin terus berjuang,” ucapnya Ernando, Selasa (30/7/2024).

Ernando memang tidak pernah menyabet gelar individu. Namun, dia sudah dua kali mengukir prestasi bersama dua Timnas Indonesia yang berbeda.

4 dari 4 halaman

Pesan buat Ikram

Pertama adalah saat membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018 di Sidoarjo. Terbaru, Ernando adalah kiper utama Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas SEA Games 2023.

“Buat Ikram, perjalanan masih panjang. Semoga kita bisa satu lapangan dan bisa merasakan atmosfer di liga maupun pertandingan internasional yang ada. Tetap semangat saja. Saya tunggu nanti kita bisa main bareng. Insya Allah,” kata Ernando.

Timnas Indonesia U-19 kini tercatat sudah dua kali menjuarai Piala AFF U-19. Sebelum tahun 2024, di bawah kepelatihan Indra Sjafri pula mereka sukses meraih trofi juara di edisi 2013 yang digelar di Sidoarjo.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer