Sukses


BRI Liga 1: Kuota Pemain Asing PSS Sleman Lengkap, Jebolan Empoli dan Napoli jadi Rekrutan Terbaru

Bola.com, Sleman - PSS Sleman melengkapi kuota pemain asing mereka untuk mengarungi BRI Liga 1 2024/2025. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu mendatangkan penyerang berkebangsaan Italia, Nicolao Cardoso.

Pemain berusia 32 tahun itu menjadi kepingan puzzle legiun impor terakhir yang digaet di bursa transfer pada musim mendatang. Perekrutan Nicolao Cardoso diumumkan manajemen PSS Sleman pada Selasa (29/7/2024) malam.

Nicolao Cardoso mengaku tidak berpikir panjang ketika mendapat tawaran dari manajemen PSS Sleman. Striker berdarah Brasil-Rumania itu merasa senang bergabung dengan skuad Laskar Sembada.

"Kesempatan itu datang ketika manajemen PSS menawarkan kerjasama kepada saya. Saat itu, saya secara langsung dan aktif mencari informasi mengenai tim ini," ungkapnya di Omah PSS, Sleman, Selasa (29/7/2024) siang.

"Sesuatu yang luar biasa saya lihat di tim ini. Melihat betapa besar dan tingginya antusiame suporter memberikan dukungan kepada PSS Sleman,” sambung pemain bernama lengkap Nicolao Manuel Dumitru Cardoso tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sudah Gabung Latihan Lebih Dulu

Bergabungnya Nicolao Cardoso sejatinya tidak begitu mengejutkan. Sebab, sebelum diresmikan pemain berkepala plontos itu sudah terlihat bergabung dalam sesi latihan PSS di Lapangan Pakembinangun, Sleman pada Minggu (28/7/2024).

Kehadiran Nicolao Cardoso diharapkan dapat menambah daya gedor Tim Elang Jawa. Dengan demikian, PSS Sleman punya delapan pemain asing untuk kompetisi musim depan.

Tujuh nama sebelumnya ada Phil Ofosu-Ayeh (bek/Ghana), Cleberson Souza (bek/Brasil), Danilo Alves (penyerang/Brasil), Alan Bernardon (kiper/Brasil), Moon Chang-jin (gelandang/Korea Selatan), Betinho Filho (Gelandang/Brasil), dan Gustavo Tocantins (penyerang/Brasil).

3 dari 4 halaman

Jejak Karier

Sepanjang karier sepakbolanya, Nicolao Cardoso malang-melintang membela sejumlah klub. Tim terakhir yang diperkuatnya yakni Johor Darul Ta'zim (JDT) yang berkompetisi di Liga Super Malaysia. Namun, sejak bergabung pada awal tahun ini, dia belum sekalipun dimainkan.

Sebelum itu, pemain berpostur 184 cm itu berkostum klub Thai League 1, Buriram United. Di sana, Nicolao Cardoso hanya tampil delapan kali atau 444 menit bermain plus mencetak sebiji gol pada musim 2023/2024.

Nicolao Cardoso memiliki profil yang menarik. Dia merupakan jebolan Timnas Italia U-19 dan U-20. Sebelum berkiprah ke luar negeri, striker kelahiran 12 Oktober 1991 itu tercatat pernah memperkuat sederet tim Liga Italia.

4 dari 4 halaman

Perkuat 2 Klub Ternama Italia

Cardoso pernah berbaju dua klub ternama Italia: FC Empoli dan SSC Napoli. Bersama Empoli dia membukukan 30 laga dan mengepak empat gol plus satu assist di Serie B pada medio 2008-2012.

Pemain kelahiran Swedia itu juga tampil menjanjikan di tim junior Empoli U-19 dengan mengemas 43 penampilan serta melesakkan 17 gol. Maklum, Nicolao Cardoso awalnya membela tim U-19 sebelum akhirnya naik kasta ke tim senior.

Kemudian, saat berseragam Napoli, Nicolao Cardoso memainkan 12 pertandingan. Momen itu terjadi pada musim 2010/2011. Perinciannya sembilan laga di Serie A dan sisanya di Liga Eropa.

Sementara beberapa klub Serie B lain yang dibelanya adalah Reggina, Cittadella, Ternana, AS Livorno, hingga Latina Calcio. Untuk klub luar Italia, Cardoso sempat bermain untuk Notingham Forest asal Inggris, Alcorcon (Spanyol), Gaz Metan (Rumania), dan Bnei Sakhnin (Iseael).

Video Populer

Foto Populer