Sukses


Beto Goncalves Puji Timnas Indonesia U-19 Sabet Gelar Juara Piala AFF: Masa Depan Cerah

Bola.com, Jakarta Euforia keberhasilan Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2024 masih terasa. Maklum, Garuda Muda memang sudah cukup lama menanti trofi juara turnamen dua tahunan tersebut.

Skuad Merah-Putih kali terakhir memenangkan Piala AFF U-19 pada edisi 2013. Artinya sudah 11 tahun lamanya Timnas Indonesia U-19 puasa gelar.

Timnas Indonesia U-19 baru saja meraih titel juara kedua setelah menundukkan Timnas Thailand U-19 pada partai final Piala AFF U-19 2024. Tim besutan Indra Sjafri itu menang dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Timnas Indonesia U-19 dicetak Jens Raven pada menit ke-17 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7/2024) malam WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Apresiasi

Kesuksesan Garuda Muda di Piala AFF U-19 2024 mendapat apresiasi dari mantan penyerang Timnas Indonesia, Beto Goncalves. Dihubungi Bola.com, striker gaek berusia 43 tahun itu mengaku kagum dengan perjuangan anak-anak Indonesia pada turnamen kali ini.

"Tadi malam saya nonton Timnas Indonesia U-19 main lawan Thailand di final. Saya pribadi sangat bahagia Indonesia bisa maju dalam sepak bola di usia muda, sekarang sudah mulai berprestasi bagus," ungkap Beto Goncalves, Selasa (30/7/2024) sore.

"Saya tentu senang bisa melihat mereka pemain muda sukses dan saya rasa Indonesia juga butuh evaluasi di dalam sepak bola. Supaya dapat hasil yang lebih baik lagi dan nanti kita bisa bersaing di sepak bola level dunia untuk lawan tim-tim besar," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Masa Depan Cerah

Kiprah Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 cukup menjanjikan. Dony Tri Pamungkas dkk. tanpa sekalipun menelan kekalahan pada ajang ini. Dari lima laga, Garuda Muda sukses membukukan 14 gol dan dua kali kemasukan.

Pada fase grup, Timnas Indonesia U-19 memuncaki klasemen dengan koleksi sembilan poin setelah melibas lawan-lawannya. Sementara di semifinal, mereka menggilas Malaysia U-19 dengan skor 1-0.

Tak hanya menjadi juara, dua pemain Garuda Muda juga menyabet gelar individu Piala AFF U-19 2024. Kapten tim, Dony Tri Pamungkas mendapatkan penghargaan pemain terbaik. Adapun Ikram Algiffari sebagai penjaga gawang terbaik.

"Para pemain di Timnas Indonesia U-19 ini ke depan bisa bantu juga di Timnas senior. Mereka sudah dapat banyak pengalaman di turnamen Piala AFF U-19," kata Beto Goncalves.

"Ada pemain keturunan juga Welber Jardim, anak dari temanku Elisangelo Jardim orang Brasil. Dan yang cetak gol di final Jens Raven pemain keturunan Belanda. Nomer sembilan lagi, bagus itu yang kita butuh di Timnas Indonesia," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Penghargaan Piala AFF U-19 2024

Penjaga Gawang Terbaik: Ikram Algiffari (Indonesia)

Pencetak Gol Terbanyak: Jake Najdovski (5 gol/Australia)

Pemain Terbaik: Dony Tri Pamungkas (Indonesia)

Peringkat Ketiga: Timnas Australia U-19

Runner-Up: Timnas Thailand U-19

Juara: Timnas Indonesia U-19

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer