Sukses


4 Pemain Kunci Arema FC untuk Depak Persis dan Melaju ke Final Piala Presiden 2024: Dedik Setiawan Jadi Pemburu Gol!

Bola.com, Solo - Tidak mudah bagi Arema FC untuk mempertahankan gelar Piala Presiden. Lantaran di semifinal Piala Presiden 2024, tim berjulukan Singo Edan itu harus berjumpa Persis Solo, Rabu (31/7/2024).

Arema FC tidak hanya menghadapi 11 pemain Persis, tapi juga tekanan dari suporter lawan. Lantaran laga itu berlangsung di Stadion Manahan, Solo dengan Persis sebagai tuan rumah.

Menghadapi tekanan tersebut, pelatih Arema FC, Joel Cornelli punya pertimbangan khusus untuk meramu komposisi tim. Dia pasti memilih pemain yang siap secara mental. Artinya, dia tidak akan banyak melakukan rotasi. Mayoritas pemain inti yang akan diturunkan.

Berkaca dari fase penyisihan grup, Arema FC punya banyak pemain yang punya kontribusi besar. Tak hanya 7 pemain asing yang jadi kunci, tapi juga pemain lokal. Seperti Daberto Loan Bello yang berhasil mencetak dua gol di laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024.

Tak hanya itu, playmaker Wiliam Marcilio juga mencetak gol indah di laga itu. Sama halnya dengan striker lokal, Dedik Setiawan, yang mulai percaya diri.

Untuk pertahanan, ada tembok kokoh yang digalang Thales Lira. Empat nama itu bisa jadi senjata Singo Edan untuk menggagalkan langkah Persis ke final Piala Presiden 2024.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Dedik Setiawan

Dari antara penyerang asing yang dimiliki Arema FC, nama Dedik Setiawan tetap jadi ancaman pertahanan lawan. Posisinya sempat jadi cadangan. Namun, Dedik membuktikan jika dia masih bisa berkontribusi untuk Singo Edan.

Saat melawan Madura United, dia menyumbangkan satu gol. Itu jadi gol pertama Dedik Setiawan di Piala Presiden 2024.

Kepercayaan dirinya bakal kembali di laga semifinal, karena dari catatan pertemuan melawan Persis, dia jadi pemain Arema yang paling rajin mencetak gol di empat pertemuan terakhir.

Dedik sudah 3 kali mencatatkan namanya di papan skor ketika Arema bersua Persis, yakni pada musim 2022/2023 dan 2023/2024.

Namun, tiga gol itu tidak ada yang dicetaknya di Solo. Sehingga ini jadi kesempatan bagi Dedik untuk melengkapi catatan gol ke gawang Persis ketika tampil di Solo.

3 dari 5 halaman

Wiliam Marcilio

 

Perannya sebagai playmaker Arema FC mulai terlihat. Wiliam bisa dibilang lambat panas karena dia sempat mengalami cedera saat persiapan di Malang.

Kini kondisinya sudah membaik. Selain jadi pengatur serangan, Wiliam juga kelihaian mencetak gol dari lini kedua. Itu diperlihatkannya saat melawan Madura United.

Pemain berusia 27 tahun ini mencetak gol indah dari ujung kanan kotak penalti. Tendangan pisangnya sulit dijangkau kiper lawan.

Selain punya tendangan mematikan, dia tergolong playmaker berteknik tinggi. Karakternya khas seperti pemain asal Brasil pada umumnya.

Partai semifinal ini sekaligus jadi ujian baginya karena Wiliam pasti mendapat pengawalan ketat dari para gelandang petarung milik Persis, yakni Ripal Wahyudi dan Sutanto Tan.

Jika dua gelandang itu gagal mematikan pergerakan Wiliam, gawang Persis pastinya dalam bahaya besar.

 

4 dari 5 halaman

Thales Lira

 

Bek asal Brasil ini sekilas tidak terlalu cepat. Namun, posturnya yang kekar membuat striker lawan kesulitan melewati kawalannya.

Saat ini, Persis punya tiga pemain depan yang punya kelebihan diatas rata-rata. Karim Rossi, Ramadhan Sananta dan Moussa Sidibe.

Pastinya Thales akan ditugaskan mengawal salah satu dari mereka. Jadi, dia dapat peran untuk mematikan produktivitas gol Persis. Jika melihat dari posisinya sebagai stoper, Thales akan lebih sering bertemu dengan Rossi maupun Sananta.

Dia bakal jadi lawan seimbang bagi dua pemain itu. Pada babak penyisihan, Thales memanfaatkan kelebihan posturnya yang kekar untuk menutup ruang para striker lawan.

Saat dia bermain di lapangan, gawang Arema selalu cleansheet. Ketika saat dia absen melawan Persija Jakarta, gawang Singo Edan kebobolan dua gol.

5 dari 5 halaman

Dalberto Luan Belo

Striker asal Brasil ini jadi pemain paling akhir yang gabung dengan Arema FC. Artinya, secara kondisi fisik dan adaptasi, dia tertinggal dibandingkan dengan pemain lain. Namun, mantan penyerang Madura United ini berhasil menyesuaikan diri lebih cepat.

Pada pertandingan terakhir Grup B Piala Presiden 2024, dia mencetak dua gol. Kebetulan gol itu dicetaknya ke gawang bekas klubnya, Madura United. Tak hanya itu, posisinya di Arema juga berubah. Dari targetman menjadi penyerang sayap.

Namun, insting golnya tidak luntur karena sewaktu-waktu dia masuk ke dalam kotak penalti. Dia bakal jadi senjata Arema FC untuk merobek gawang Persis Solo. Jika striker utama Arema, Charles Lokolingoy, mengalami kebuntuan, dia bakal jadi solusi.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer