Sukses


Bukan Cuma Level ASEAN, Timnas Indonesia U-19 Diharapkan Ukir Prestasi di Kancah Asia

Bola.com, Jakarta - Gelar juara Piala AFF U-19 2024 diharapkan menjadi pelecut semangat pemain Timnas Indonesia U-19 untuk berprestasi di kancah Asia. Harapan itu diapungkan mantan penyerang Timnas Indonesia, Beto Goncalves.

Timnas Indonesia U-19 baru saja meraih titel juara untuk kali kedua, setelah menundukkan Timnas Thailand U-19 pada partai final Piala AFF U-19 2024. Tim besutan Indra Sjafri itu menang dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Timnas Indonesia U-19 dicetak Jens Raven pada menit ke-17 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (29/7/2024) malam WIB.

Ini menjadi pelepas dahaga prestasi sepak bola Indonesia setelah penantian 11 tahun lamanya. Sebelumnya, kali terakhir Timnas Indonesia U-19 memenangkan Piala AFF U-19 adalah pada edisi 2013.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gemilang

Kiprah Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 cukup menjanjikan. Dony Tri Pamungkas dkk. berhasil menyapu bersih kemenangan dari lima laga. Tim Merah-Putih sukses membukukan 14 gol dan dua kali kemasukan.

Pada fase grup, Timnas Indonesia U-19 memuncaki klasemen dengan koleksi sembilan poin setelah melibas lawan-lawannya. Sementara itu di semifinal, mereka membungkam Malaysia U-19 dengan skor 1-0. 

Tak hanya menjadi juara, dua pemain Tim Garuda Muda juga menyabet gelar individu Piala AFF U-19 2024. Kapten tim, Dony Tri Pamungkas, mendapatkan penghargaan pemain terbaik. Adapun Ikram Algiffari sebagai penjaga gawang terbaik.

 

3 dari 4 halaman

Mulai Tatap Kancah Asia

Kesuksesan Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2024 mendapat apresiasi banyak pihak. Salah satunya datang dari Beto Goncalves. Pemain berusia 43 tahun itu berharap prestasi Tim Garuda Nusantara bisa terus ditingkatkan, tidak hanya berjaya di ASEAN namun juga menembus tingkat Asia.

"Tentu saya senang dengan prestasi Timnas Indonesia U-19, mereka sudah berjuang maksimal. Tapi jangan kita hanya dapat berprestasi di turnamen AFF saja, tapi kita harus mulai pikir di kancah Asia," ujar Beto Goncalves kepada Bola.com, Rabu (31/7/2024).

"Lawan Jepang, Korea Selatan yang punya kekuatan bagus di sepak bola Asia, jadi kita harus kerja keras, serius supaya bisa sampai di level mereka," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Selalu Beri Dukungan

Lama menetap dan resmi menjadi WNI sejak awal 2018, rasa cinta Beto Goncalves terhadap Indonesia terus bertumbuh. Dia bahkan memiliki cita-cita mulia untuk membantu kemajuan sepak bola Indonesia.

"Pemain seperti saya sangat mendukung anak-anak muda Indonesia. Saya siap bantu pesepakbola muda, sekarang mulai bantu anak di Biak dengan pengalaman saya dan juga saya sudah mulai kursus kepelatihan dan analis," ucap Beto Goncalves.

"Kalau ada kesempatan saya akan selalu bantu pemain muda Indonesia, bagaimana bermain dengan pintar, bukan lari sembarangan. Misal Timnas Indonesia butuh saya, tentu saya siap jika minta pendapat atau masukan dari saya untuk anak-anak muda, terutama striker," lanjutnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer