Sukses


Hasil Piala Presiden 2024: Final Lagi! Arema FC Permalukan Persis di Manahan dan Hadapi Borneo FC di Laga Puncak

Bola.com, Solo - Arema FC untuk kali keempat menembus final dalam sejarah turnamen Piala Presiden. Singo Edan menang 2-0 atas Persis Solo dalam laga semifinal Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (31/7/2024), dan lolos ke final menghadapi Borneo FC dalam laga puncak turnamen pramusim 2024/2025.

Duel antara Persis Solo dan Arema FC berjalan sengit sejak awal pertandingan. Kedua tim yang bermain di depan pendukung Laskar Sambernyawa, bermain terbuka untuk menyerang pertahanan lawan.

Baik Persis maupun Arema FC mampu memberikan ancaman bagi lini pertahanan lawan. Namun, upaya untuk bisa mencetak gol tak kunjung berbuah hasil.

Hingga pada akhirnya, duel semifinal Piala Presiden 2024 ini harus berakhir tanpa gol setelah 45 menit pertama berlangsung.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Charles Lokolingoy Cetak Brace untuk Arema FC

Saat babak kedua dimulai, Persis dan Arema FC sama-sama masih tampil dengan permainan terbuka. Pemain asing dari masing-masing tim berusaha keras untuk memberikan kontribusi nyata dalam laga ini.

Charles Lokolingoy akhirnya memecah kebuntuan bagi Arema FC pada menit ke-58. Penyerang Singo Edan itu memanfaatkan blunder kiper Persis Solo, M. Riyandi, yang tak langsung membuang bola ketika mendapatkan bola backpass.

Dalam kondisi tertinggal, Persis malah kembali kebobolan pada menit ke-71. Kali ini tandukan Dalberto, yang memanfaatkan umpan tendangan bebas, sukses mengoyak jala gawang Persis yang dikawal Riyandi.

Namun, dari pemeriksaan VAR, wasit membatalkan gol itu. Dalberto dianggap sudah berada di posisi offside ketika tendangan bebas dilepaskan oleh rekan setimnya.

Meski gol kedua Arema FC gagal disahkan, Singo Edan tidak menyerah. Charles Lokolingoy berhasil mencetak gol keduanya dalam laga ini pada menit ke-81, di mana transisi cepat untuk menyerang dilakukan Arema FC yang memanfaatkan lini pertahanan Persis yang tidak solid.

Hingga tambahan waktu masa injury time selama 12 menit berakhir, tak ada satu gol pun tercipta meski Persis Solo tampak berusaha keras untuk bisa mencetak gol balasan. Arema FC pun kembali ke final Piala Presiden untuk kali keempat.

3 dari 4 halaman

Arema FC ke Final Piala Presiden untuk Kali Keempat

Keberhasilan Arema FC ke final Piala Presiden 2024 ini sekaligus memastikan untuk kali keempat tim berjulukan Singo Edan itu sampai ke partai puncak turnamen pramusim itu.

Kali pertama Arema FC mencapai final Piala Presiden adalah pada 2017, di mana saat itu tim asuhan Aji Santoso juga berhasil menjadi juara.

Kemudian kali kedua Arema FC mencapai final Piala Presiden adalah pada 2019, di mana Singo Edan kembali menjadi juara setelah menang agregat 4-2 atas rival sesama Jawa Timur, Persebaya Surabaya, dalam laga final yang berlangsung dua leg.

Pada Piala Presiden 2022, Arema FC kembali masuk ke final dan berhasil kembali menjadi juara. Arema FC menang agregat 1-0 atas Borneo FC.

Final Piala Presiden 2022 itu pun akan kembali terulang, di mana Arema FC akan kembali berhadapan dengan Borneo FC untuk kali ketiga di laga puncak turnamen pramusim itu, setelah yang pertama adalah pada 2017.

 
4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Persis Solo (4-1-2-3): Muhammad Riyandi; Eky Taufik, Ricardo Lima, Eduardo Kunde, Rizky Dwi Febrianto; Gonzalo Acosta; Sho Yamamoto, Sutanto Tan; Moussa Sidibe, Ramadhan Sananta, Karim Rossi

Pelatih: Milomir Seslija

Arema FC (4-2-3-1): Lucas Frigeri; Achmad Maulana, Choi Bokyeong, Thales Lira, Ahmat Farizi; Arkhan Fikri, Sneyder Munoz; Salim Tuharea, Wiliam Moreira, Dalberto Luan Belo; Charles Lokolingoy

Pelatih: Joel Cornelli

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer