Sukses


Kunci Arema FC Sukses ke Final Piala Presiden 2024

Bola.com, Solo - Arema FC berhasil melaju ke final Piala Presiden 2024. Kepastian itu didapat setelah di semifinal, tim besutan Joel Cornelli menekuk Persis Solo dua gol tanpa balas di Stadion Manahan, Rabu (31/7/2024).

Striker asal Australia, Charles Lokoligoy jadi pahlawan Arema FC dengan dua golnya. Persis Solo, mengandalkan Ramadhan Sananta sebagai ujung tombak, gagal menembus rapatnya barsian pertahanan Singo Edan.

Sebenarnya, dari segi permainan, Arema FC lebih banyak ditekan, terutama pada babak pertama. Striker Persis, Ramadhan Sananta berulang kali membuat gawang Arema FC terancam.

"Babak pertama, kami kesultan. Tapi saya coba ubah posisi di babak kedua,” kata pelatih Arema FC, Joel Cornelli.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

High Pressing

Perubahan itu jadi kunci Arema FC memenangi laga semifinal. Pelatih asal Brasil itu melakukan pressing sejak di daerah pertahanan Persis. Tak hanya itu, dia memberi kebebasan kepada playmaker, Wiliam Marcilio untuk bergerak. Itu membuat Arema FC berhasil mencetak dua gol.

"Babak kedua kami main ke dalam. Dan mulai press diatas. Wiliam bermain bebas. Itu salah satu kuncinya,” jelasnya.

Gol pertama yang dicetak Arema FC membuktikan jika pressing mereka berjalan sukses. Lokolingoy melakukan press kepada kiper Persis, M. Riyandi. Sehingga blunder dilakukan kiper cadangan Timnas Indonesia tersebut.

Saat mengontrol bola di depan gawang, Lokolingoy dengan cepat menyerobotnya dan berbuah gol. Sedangkan gol kedua tercipta lewat kerjasama yang apik antara Dalberto dan Lokolingoy.

 

3 dari 3 halaman

Ditunggu Borneo FC

Kemenangan ini membuat Arema FC percaya diri menatap partai final. Mereka sudah ditunggu oleh Borneo FC. Ini merupakan kali ketiga Arema FC berjumpa Borneo di partai final Piala Presiden. Pertama terjadi tahun 2017. Lalu keduanya bertemu kembali di final tahun 2022.

Dalam dua final tersebut, Singo Edan tak pernah kalah. Sehingga mereka keluar sebagai juara. Tapi, Joel Cornelli tak ingin jemawa dengan catatan itu. Karena situasi kedua tim sekarang berbeda. Selain itu, dia tidak ingin anak buahnya terlena dengan sejarah tersebut. “Saya mulai melihat permainan Borneo FC kemarin. Kami respek dengan mereka. Dan kami akan siapkan tim untuk partai final nanti,” tegasnya.

Dalam semifinal tadi, Arema FC menurunkan tujuh pemain asing sejak menit awal. Sepertinya, itu akan kembali dilakukan pada partai puncak. Dengan catatan, kondisi fisiknya tidak terlalu kelelahan. Joel Cornelli sudah mengantisipasi terkait stamina pemain. Karena itu, dia menarik Lokolingoy dan Choi Bo-Kyung setelah unggul dua gol lawan Persis. Keduanya tentu dipersiapkan untuk partai puncak yang digelar di Stadion Manahan, Minggu (4/8/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer