Sukses


4 Fakta Borneo FC Jelang Final Piala Presiden 2024: Tren Negatif saat Hadapi Arema FC di Laga Puncak Bisa Berlanjut

Bola.com, Jakarta - Borneo FC berhasil melangkah jauh di Piala Presiden 2024. Tim berjulukan Pesut Etam ini akan bertarung dengan Arema FC di laga final turnamen pramusim 2024/2025 itu.

Borneo FC saat ini memang menjadi salah satu tim kuat. Pada BRI Liga 1 2023/2024, tim asuhan Pieter Huistra itu berhasil finis di puncak klasemen regular series. Namun, di babak championship series, Diego Michiels dkk. harus puas hanya tampil di semifinal.

Namun, kehebatan mereka ternyata masih berlanjut di Piala Presiden 2024. Tergabung di Grup A yang dimainkan di Bandung, Borneo FC menjadi juara grup setelah menjalani tiga pertandingan tanpa terkalahkan.

Borneo FC menang 2-0 atas Persis Solo dan 1-0 atas Persib Bandung. Kemudian dalam laga terakhir fase grup, mereka bermain imbang 1-1 dengan PSM Makassar.

Pada laga semifinal, Borneo FC mampu meraih kemenangan 2-1 atas Persija Jakarta lewat aksi comeback yang dramatis. Kemenangan itu membawa Borneo FC bakal bersaing dengan Arema FC di final Piala Presiden 2024.

Borneo FC juga terkenal sebagai tim kuat dalam sejarah perhelatan Piala Presiden. Berikut empat fakta yang menjadi bukti bahwa wajar Borneo FC berada di puncak Piala Presiden 2024:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Final Piala Presiden Ketiga

Borneo FC adalah tim yang punya sejarah kuat di Piala Presiden. Sejak kali pertama turnamen pramusim itu digelar pada 2015, Borneo FC tercatat sudah tiga kali mencapai final jika mengikutsertakan edisi 2024.

Kali pertama mereka sampai ke final adalah pada Piala Presiden 2017, di mana saat itu nama klub asal Samarinda itu masih menggunakan Pusamania Borneo FC. Kemudian pada 2022, Borneo FC juga berhasil melangkah hingga pertandingan final.

Kini, Borneo FC kembali membuktikan bahwa mereka mampu melangkah hingga ke partai puncak di Piala Presiden 2024.

3 dari 5 halaman

Selalu Kalah dari Arema di Final Piala Presiden

Menariknya, dalam dua laga final sebelumnya, Borneo FC selalu mendapatkan lawan yang sama, yaitu Arema FC, tim yang juga akan kembali dihadapi di final Piala Presiden 2024 ini.

Dalam dua kali pertemuan dengan Arema FC di final Piala Presiden, Borneo FC selalu mengalami kekalahan.

Pada perhelatan Piala Presiden 2017, Borneo FC yang masih bernama Pusamania Borneo dihajar habis-habisan oleh Singo Edan dengan skor telak 1-5. Dalam laga tersebut, Cristian Gonzales bahkan mencetak hattrick ke gawang Borneo FC yang diasuh oleh Ricky Nelson.

Kemudian pada 2022, Borneo FC kembali berhadapan dengan Arema FC di final Piala Presiden. Namun, kali ini formatnya berbeda. Kedua tim bertemu dalam dua leg pertandingan yang digelar di markas masing-masing.

Pada leg pertama di Kanjuruhan, Borneo FC harus menyerah 0-1 dari Arema FC. Sementara di Stadion Segiri, Samarinda, di leg kedua, Borneo FC harus puas bermain imbang tanpa gol dengan Singo Edan. Praktis Arema FC menjadi juara dengan agregat 1-0.

4 dari 5 halaman

Motivasi untuk Mengakhiri Status Runner-up

Seperti halnya Timnas Indonesia di kancah Piala AFF, Borneo FC boleh dibilang merupakan spesialis runner-up untuk ajang Piala Presiden. Dua kali masuk final dan dua kali menjadi runner-up tentu bukan catatan yang bisa dibanggakan.

Final Piala Presiden 2024 akan menjadi momentum, apakah Borneo FC bisa mengakhiri tren negatif di final, terutama juga karena kembali harus menghadapi Arema FC?

Namun, dengan lini serang yang cukup mumpuni, yang juga membuat Borneo FC bisa bersaing di papan atas sejak BRI Liga 1 2023/2024, bukan tidak mungkin kutukan runner-up itu bisa diakhiri di Piala Presiden 2024 ini.

 
5 dari 5 halaman

Kalah Produktif dari Arema FC

Namun, bukan tidak mungkin juga Arema FC bisa kembali menghukum Borneo FC di laga final Piala Presiden 2024 seperti yang mereka lakukan di dua pertemuan dalam laga final sebelumnya.

Arema FC punya statistik yang lebih baik daripada Borneo FC dalam urusan mencetak gol dan kebobolan. Dari produktivitas gol, Arema FC tercatat sudah mengemas 10 gol dalam empat laga sebelum final dan hanya kebobolan dua gol.

Sementara itu, Borneo FC tercatat hanya mencetak enam gol dalam empat pertandingan dan sudah kebobolan tiga gol. Jadi di atas kertas, Singo Edan tetap lebih bisa difavoritkan untuk bisa meraih trofi Piala Presiden 2024.

 

Video Populer

Foto Populer