Sukses


Mengenal Kekuatan Jepang, Lawan yang Dihadapi Timnas Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Jepang akan menjadi salah satu lawan berat untuk Timnas Indonesia di Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Selain Jepang dan Timnas Indonesia, Grup C turut diisi Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Anak asuh Shin Tae-yong akan melawan Jepang pada 14 November dengan status tuan rumah. Lalu 10 Juni 2025, gantian Jepang akan menjamu Indonesia.

Berbicara Jepang, tentu kekuatan sepak bola negara Matahari Terbit sudah tidak perlu diragukan lagi. Jepang adalah juara Piala Asia edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011. 

Sementara untuk Piala Dunia, Jepang selalu lolos ke putaran final sejak edisi 1998. Artinya enam edisi berturut-turut, mereka selalu lolos. 

Prestasi terbaik negara ini adalah babak 16 besar. Namun di Piala Dunia 2022, Jepang memantik perhatian karena mengalahkan Jerman 2-1 di fase grup. 

Kareka kekalahan itu, Jerman bahkan tidak lolos ke fase knockout Piala Dunia 2022. Tentu satu grup di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia merupakan ujian berat untuk Timnas Indonesia. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pelatih: Hajime Moriyasu

Dalam sejarahnya, Jepang hanya beberapa kali menggunakan pelatih impor. Kepercayaan Jepang terhadap juru taktik dalam negeri selalu besar.

Seperti kepada Hajime Moriyasu saat ini. Dia sudah menjadi pelatih Jepang sejak 2018. Kala itu ia menggantikan Akira Nishino.

Total di Bawah asuhan Moriyasu, Jepang sudah bermain 81 kali dengan rincian 56 kemenangan, sepuluh imbang, dan 15 kali kalah.

Persentase kemenangan Jepang di bawah kepelatihan Moriyasu ada di angka 69,14 persen, sangat tinggi tentunya.

Yang kurang dari sosok Moriyasu adalah sejauh ini ia bahkan belum bisa membawa Jepang juara Piala Asia. Pada edisi Piala Asia 2023, Jepang terhenti di perempat final. 

3 dari 3 halaman

Pemain Bintang: Takumi Minamino

Sulit untuk menunjuk satu pemain bintang di Timnas Jepang, tapi jika disuruh memilih, nama Takumi Minamino layak menyandang status ini.

Minamino 29 tahun, merupakan salah satu pemain Jepang yang saat ini bermain untuk klub Eropa. Sempat berlabuh untuk Liverpool sampai Southampton, kini membela tim Ligue 1 Prancis, Monaco.

Total sejauh ini, Minamino sudah membukukan 59 caps bersama Jepang dan mencetak 21 gol untuk Monaco.

Video Populer

Foto Populer