Sukses


Jumpa Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Vietnam Bisa Balas Dendam?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memutuskan untuk menurunkan tim muda di Piala AFF 2024. Shin Tae-yong juga tetap memegang kendali tim berjulukan Garuda tersebut.

Hal ini disampaikan ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Sumardji. Dia juga menyampaikan bahwa Piala AFF 2024 bukan target utama Timnas Indonesia. Oleh karena itu, Garuda akan memakai talenta muda.

"Kalau senior kan sudah disepakati dan kemarin sesuai arahan pak Ketua Umum saat rapat, beliau menyampaikan dan sudah disepakati dengan coach STY bahwa yang akan dipakai untuk AFF adalah tim yang bermain di SEA Games," jelas Sumardji.

Kabar itu rupanya menarik perhatian media lokal Vietnam, Soha. Media tersebut mengapresiasi langkah berani yang diambil PSSI selaku induk sepak bola Indonesia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pujian Media Vietnam

Pada Piala AFF 2024, Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Laos, dan Myanmar. Turnamen antarnegara Asia Tenggara yang diikuti 10 tim digelar pada 23 November hingga 21 Desember 2024.

"Langkah Indonesia juga membuktikan bahwa sepak bolanya berkembang paling baik di Asia Tenggara," tulis Soha seperti dikutip pada Kamis (1/8/2024).

"Mereka menjadi satu-satunya tim yang melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia dan nampaknya tak terlalu tertarik dengan kancah regional, Piala AFF," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Jadi Keuntungan

Belakangan, Timnas Indonesia memang mulai menunjukkan taringnya. Bahkan sepanjang tahun ini, Vietnam selalu gagal menaklukkan Tim Garuda, baik tim senior maupun kelompok usia.

"Ingat di SEA Games 2023, Indonesia U-23 menjadi tim yang mengalahkan Vietnam U-23 di semifinal. Anak asuh pelatih Troussier kecewa karena kalah 2-3. Setelah itu, tim Indonesia U-23 melanjutkan performa impresif dengan mengalahkan Thailand 5-2 untuk merebut medali emas SEA Games," kata Soha.

Soha menyebut keputusan Timnas Indonesia yang hanya mengirimkan skuad mudanya ke Piala AFF menjadi peluang besar bagi lawan-lawannya, termasuk Vietnam, untuk meraih kemenangan.

"Indonesia 'bermain bagus', tim Vietnam punya peluang lebih besar untuk membalas dendam lawan di turnamen penting," bunyi judul artikel yang dibuat Soha.

"Tim Indonesia dipastikan akan menggunakan skuad yang masih sangat muda untuk mengikuti Piala AFF 2024 dan ini menjadi peluang besar bagi kompetitor, termasuk tim Vietnam," lanjutnya.

 
4 dari 4 halaman

Pembagian Grup Piala AFF 2024

Grup A

  • Thailand
  • Malaysia
  • Singapura
  • Kamboja
  • Brunei Darussalam/Timor Leste (kualifikasi)

Grup B

 
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer