Sukses


Mengenal Sosok Matthew Baker: Bek Kiri Timnas Indonesia U-16 yang Membuat Australia Kepincut

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 menempati posisi ketiga di Piala AFF U-16 2024. Beberapa pemain Garuda Asia pun menarik perhatian setelah turnamen itu.

Satu di antaranya adalah Matthew Baker. Pemain berusia 15 tahun itu mampu menjadi andalan lini belakang Timnas Indonesia U-16 selama Piala AFF U-16 2024.

Belakangan ini nama Matthew Baker ramai menjadi perbincangan pencinta sepak bola Indonesia. Sebab, Baker mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Australia U-17.

Bahkan, website resmi Timnas Australia pun memajang nama Matthew Baker. Sosok berusia 15 tahun itu dipersiapkan Timnas Australia U-17 yang akan menyambut persaingan di Kualifikasi Piala Asia U-18 2025.

PSSI pun bergerak cepat. Mereka sudah menggelar pertemuan secara daring dengan pihak Matthew Baker. Sang pemain pada akhirnya memiliki komitmen untuk tetap membela Timnas Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Darah Batak

Matthew Baker memiliki latar belakang yang menarik. Dihimpun dari berbagai sumber, Baker memiliki darah Indonesia, terutama darah Batak.

Matthew Baker lahir di Melbourne, Australia, pada 13 Mei 2009. Ia memiliki ayah yang berasal dari Australia dan ibu yang berasal dari Indonesia.

Baru-baru ini Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji menyebut sang ibu sangat berpengaruh dalam keputusan Matthew Baker lebih memilih Indonesia ketimbang Australia.

"Sehingga dengan demikian, Baker tetap bergabung dengan Timnas Indonesia. Orang tuanya juga sangat mendukung, terutama ibu. Jelas ya," Sumardji menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Melbourne City

Matthew Baker kini merupakan salah satu pemain diaspora Indonesia yang berkarier di Australia. Kini Baker bergabung bersama Melbourne City U-18. Klub itu dibela Baker sejak 2021.

Sebelumnya Baker pernah memperkuat beberapa klub Australia lain tentu saja di level usia muda. Yakni Malvern City (2016-2017) dan Box Hill United (2018-2021).

Saat ini Matthew Baker masih bermain di tim usia muda Melbourne City. Namun, ia akan terus berjuang untuk bisa menembus tim utama.

4 dari 4 halaman

Versatile

Matthew Baker juga merupakan pemain yang menarik. Sosok satu ini bisa bermain di lebih dari satu posisi.

Belakangan, Matthew Baker cukup sering bermain di posisi bek kiri. Namun, Baker juga bisa bermain dengan baik di posisi bek tengah dan gelandang bertahan. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer