Sukses


Mengenal Dony Tri Pamungkas, Kapten Timnas Indonesia U-19 dan Pemain Masa Depan Persija

Bola.com, Jakarta - Usaha tidak mengkhianati hasil. Dalam usia yang ke-19 tahun, Dony Tri Pamungkas telah memetik satu per satu perjuangannya. Mulai menjadi pemain profesional hingga sebagai kapten Timnas Indonesia U-19.

Karier Dony Tri Pamungkas dimulai ketika ia mengikuti seleksi Persija Jakarta Elite Pro Academy (EPA) pada Oktober 2020 sebagai pemain didikan SSB Bina Taruna, Jakarta Timur.

Tidak sampai setahun, Dony Tri Pamungkas dipromosikan ke tim utama Persija dan menjalani debut di Liga 1 dalam usia 16 tahun, delapan bulan, dan 17 hari pada September 2021.

Ketika itu, Dony Tri Pamungkas memecahkan rekor pemain termuda yang bermain di Liga 1 sejak 2017, yang sebelumnya dipegang oleh Ronaldo Kwateh, penyerang Madura United saat itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Membuka Jalan ke Timnas Indonesia

"Senang dan tak menyangka bisa secepat ini. Orang tua saya pun sempat menangis pada saat lihat saya debut. Tapi saya tentu tidak puas. Saya harus mendorong diri saya agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaik saya lagi," ujar Dony Tri Pamungkas pada medio September 2021.

Musim pertamanya bersama Persija berlangsung positif. Dony Tri Pamungkas mendapatkan kesempatan bermain 268 menit dalam sepuluh pertandingan.

Kiprahnya di Persija membuka jalannya untuk menembus timnas, mulai dari U-19, U-20, U-23, dan senior. Saat ini, ia sudah menjadi kapten permanen Timnas Indonesia U-19 yang baru menjuarai Piala AFF U-19 2024.

3 dari 4 halaman

Pengalaman di Berbagai Level Usia Timnas Indonesia

Transfermarkt mencatat, Dony Tri Pamungkas telah bermain 21 kali untuk Timnas Indonesia U-20, empat kali untuk timnas U-19, dan lima kali untuk timnas U-23.

Dony Tri Pamungkas juga sempat tiga kali masuk skuad Timnas Indonesia ketika dua kali berhadapan dengan Timnas Burundi dan Timnas Turkmenistan pada 2023, namun belum diberikan kesempatan tampil.

Dony Tri Pamungkas yang sekarang telah berkembang pesat ketimbang beberapa tahun sebelumnya. Saat ini, ia makin fasih bertanding di beberapa posisi. Mulai dari fullback kiri, wingback kiri, dan winger kiri.

4 dari 4 halaman

Pemain Terbaik Piala AFF U-19 2024

Terbaru, Dony Tri Pamungkas dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala AFF U-19 2024 setelah mengantar Timnas Indonesia U-19 menjadi juara. Dia bermain konsisten sepanjang turnamen.

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur, senang, dan bangga bisa menjuarai Piala AFF U-19 2024. Mungkin untuk gelar pemain terbaik itu tidak akan terjadi tanpa kerja keras tim," ucap Dony Tri Pamungkas.

Per Jumat (2/8/2024), Dony Tri Pamungkas telah kembali Persija Jakarta. Dia bakal bersaing memperebutkan posisi di sayap kiri tim berjulukan Macan Kemayoran itu, baik untuk fullback maupun winger.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer