Sukses


Masih Berusia 18 Tahun tapi Punya Lisensi Kepelatihan, Ini Alasan Jens Raven

Bola.com, Surabaya - Jens Raven baru saja mengukir prestasi bersama Timnas Indonesia U-19 dengan menjuarai Piala AFF U-19 2024. Striker Tim Garuda Nusantara itu juga menyumbang empat gol dalam ajang tersebut.

Sempat beredar rumor bahwa Jens Raven sudah mengantongi lisensi kepelatihan di usianya yang masih 18 tahun. Striker berdarah Belanda itu ternyata mengaku memang sudah mendapat lisensi UEFA B.

“Ya, benar. Ya, saya punya lisensi UEFA B di Eropa. Saya mengambilnya Juni lalu,” kata Jens Raven saat ditanya Bola.com.

Lisensi kepelatihan di Eropa tentu didapat dengan tidak mudah. Itu diawali dengan lisensi junior dan C terlebih dahulu. Baru, UEFA akan mengaku mulai level B, A, dan akhirnya UEFA Pro.

“Lisensi pelatih ini jadi sampingan di luar saya. Ini juga hobi. Jadi di Belanda, saya juga melatih anak-anak,” ungkap Jens Raven.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sudah Memikirkan Karier Selanjutnya

Keputusan Jens Raven mengambil lisensi kepelatihan adalah untuk mempermudah kariernya setelah pensiun sebagai pemain. Ini merupakan hal yang jamak dilakukan dalam dunia sepak bola di Eropa maupun belahan dunia lain.

Namun, yang tak disangka adalah Raven sudah mengantongi lisensi UEFA B di usia yang masih 18. Dalam banyak kasus, pemain sepak bola Eropa biasanya baru mengikuti kursus ini setelah memasuki usia 30 tahun ke atas.

“Ya, saya ingin menyiapkan setelah selesai jadi pemain,” tutur Jens Raven.

3 dari 3 halaman

Agenda Selanjutnya

Timnas Indonesia U-19 sendiri masih akan menjalani sejumlah agenda. Terdekat, mereka akan tampil dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Dengan nama Timnas Indonesia U-20 yang juga ditangani Indra Sjafri, mereka akan mengikuti agenda tersebut pada 25-29 Oktober 2024. Mereka jadi tuan rumah Grup F yang berisikan Yaman, Maladewa, dan Timor Leste.

Selain empat gol, Jens Raven juga mampu menyumbang dua assist selama Piala AFF U-19 2024. Kontribusi itu tampaknya membuat namanya tetap akan disertakan di Timnas Indonesia U-20.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer