Sukses


Para Pemain Keturunan Indonesia yang Aksinya Bakal Kita Saksikan di Kasta Elite Eropa: Bisa Semakin Bertambah?

Bola.com, Jakarta - Kebijakan naturalisasi pemain keturunan membuat banyak pemain berdarah Indonesia yang berlaga di Eropa. Banyak dari mereka bahkan merupakan pemain Timnas Indonesia.

Ada yang sudah mantap bersama klub masing-masing. Mereka sedang menjalani pramusim bersama klub, misalnya yang dialami Jay Idzes.

Jay Idzes membawa Venezia promosi ke Serie A 2024/2025. Bek Timnas Indonesia itu pun diperkirakan masih akan menjadi andalan klub itu di liga level tertinggi Italia.  

Bola.com memiliki catatan mengenai banyaknya pemain keturunan Indonesia yang akan meramaikan kompetisi elite Eropa pada musim 2024/2025. Siapa saja mereka?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jay Idzes

Seperti yang sempat disinggung pada bagian sebelumnya, Jay Idzes sedang menjalani pramusim bersama Venezia. Idzes bekerja keras untuk mendapatkan bentuk permainan terbaik.

Venezia pun sangat ingin mengandalkan tenaga Jay Idzes di Serie A musim depan. Bahkan, Idzes berpotensi mencetak sejarah besar.

Jay Idzes akan menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang berlaga di Serie A Italia. Belum pernah ada pemain Skuad Garuda lain yang mampu melakukan hal itu.

3 dari 5 halaman

Calvin Verdonk

Calvin Verdonk sempat mengungkapkan keinginan untuk hengkang dari NEC Nijmegen. Verdonk tampaknya masih nyaman di klub lamanya.

Lagipula, Calvin Verdonk juga masih menyisakan satu tahun kontrak bersama NEC Nijmegen. Bek kiri keturunan Indonesia-Belanda itu pun akan tetap berlaga di kompetisi tertinggi Belanda untuk musim 2024/2025.

Calvin Verdonk bisa dikatakan sebagai bek kiri yang baik di Belanda. Pengalaman dan kemampuannya sudah cukup diakui.

4 dari 5 halaman

Tijjani Reijnders

Tijjani Reijnders memperkuat AC Milan sejak tahun lalu. Musim 2024/2025 akan menjadi musim keduanya memperkuat Rossoneri.

Tijjani Reijnders yang memiliki darah Maluku itu sebenarnya sempat mendapatkan tawaran untuk memperkuat Timnas Indonesia. Sang gelandang disebut sempat tertarik.

Namun, Tijjani Reijnders pada akhirnya mendapatkan panggilan dari Timnas Belanda. Ia bahkan bermain di Euro 2024 bersama De Oranje.

5 dari 5 halaman

Pemain-Pemain Lain

Beberapa pemain keturunan Indonesia juga sangat potensial merasakan kompetisi level elite Eropa. Namun, mereka sejauh ini belum mendapatkan kepastian itu.

Misalnya yang dialami Kevin Diks. Pemain FC Copenhagen itu disebut tengah diincar tim pendatang baru Serie A, Como.

Elkan Baggott sampai saat ini masih menjadi bagian dari klub Premier League, Ipswich Town. Namun, peluang Baggott untuk dipinjamkan ke klub kasta lebih bawah di Inggris sangat besar.

Lalu ada dua penggawa Timnas Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Dua pemain ini bermain di liga level tertinggi Belanda pada musim 2023/2024.

Namun, sampai saat ini Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye masih belum menemukan klub baru. Keduanya pun masih cukup santai. 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer