Sukses


Nathan Tjoe-A-On Pamerkan Fanatisme Suporter Timnas Indonesia kepada FIFA: Ini Gila, Kehormatan Besar Bisa Bermain untuk Negara Ini

Bola.com, Jakarta - Nathan Tjoe-A-On memamerkan fanatisme suporter Timnas Indonesia kepada FIFA. Dia merasa tersanjung bisa menjadi bagian dari tim berjulukan Garuda tersebut.

Lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001, Nathan Tjoe-A-On seharusnya bermain untuk Timnas Belanda, namun darah Semarang, Jawa Tengah, yang mengalir di tubuhnya mengubah jalan hidupnya.

Nathan Tjoe-A-On menerima lamaran naturalisasi dari PSSI dan resmi menjadi pemain Timnas Indonesia per Maret 2024. Selain di senior, ia juga menjelma sebagai tulang punggung di timnas U-23.

"Selalu menjadi suatu kehormatan bisa bermain untuk Timnas Indonesia," ujar Nathan Tjoe-A-On dalam wawancaranya dengan FIFA, Sabtu (3/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fans Kaum Hawa

"Ini membawa semangat dan dorongan ekstra bagi Anda. Kehormatan besar bisa bermain untuk negara ini. Di Indonesia, khususnya dukungan fans dan masyarakat sangat besar," jelas Nathan Tjoe-A-On.

"Ini gila, benar-benar memberi Anda dorongan. Makanya selalu ada rasa ingin memberikan yang terbaik dan membuat mereka bangga, tentunya," imbuhnya.

Bisa dibilang, Nathan Tjoe-A-On menjadi pemain naturalisasi, bahkan pemain Timnas Indonesia secara keseluruhan, yang memiliki fans setia terutama dari kaum hawa.

3 dari 4 halaman

Kiprah Nathan Tjoe-A-On

Lima bulan berlalu sejak menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Nathan Tjoe-A-On telah berlaga sebelas kali untuk Timnas Indonesia dan U-23 serta mampu menorehkan empat assist.

Pencapaian terbaik Nathan Tjoe-A-On sejauh ini adalah meloloskan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Selain itu, ia juga mengantar timnas U-23 menjadi tim peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 pada April-Mei 2024 dan hampir mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris.

4 dari 4 halaman

Percaya Diri

"Kami belajar dari pengalaman internasionalnya bahwa kami bisa, menunjukkan kepada tim atau negara lain betapa bagus kami sebenarnya," ungkap Nathan Tjoe-A-On.

"Saya pikir juga di timnas U-23, kami mengalahkan beberapa negara yang sangat bagus, karena kami percaya pada diri kami."

"Jadi saya pikir itulah yang kami lakukan di Timnas Indonesia bahwa kami juga percaya pada diri dan kami yakin bisa melakukan sesuatu," tutur fullback kiri klub Liga Inggris, Swansea City, ini.

Sumber: FIFA

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer