Sukses


Indra Sjafri Blak-blakan, Susahnya Minta Ampun Temui Pemain Keturunan di Belanda pada 2022: Sekarang, Datang Semua ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pada Oktober 2022, Indra Sjafri pernah datang ke Belanda. Ketika itu, ia masih berstatus sebagai Direktur Teknik PSSI. Indra ke sana bersama asisten Shin Tae-yong, Kim Jong-jin dan utusan PSSI, Hamdan Hamedan.

Tujuan Indra Sjafri pergi ke Belanda adalah mencari pemain keturunan yang bisa dinaturalisasi untuk memenuhi kebutuhan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong meminta kepada Indra Sjafri untuk memantau sebelas pemain. Namun, ia hanya mendapatkan empat nama. Dua di antaranya kemungkinan adalah Rafael Struick dan Ivar Jenner yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Mei 2023.

Dalam YouTube Arya Sinulingga selaku anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Indra Sjafri blak-blakan begitu sulitnya membujuk pemain keturunan pada dua tahun lalu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cerita Indra Sjafri

"Waktu itu saya datang ke Belanda, waktu 2022. Makanya saya juga heran dibilang saya anti pemain keturunan," ujar Indra Sjafri.

"Yang pertama kali mencari pemain keturunan ke Belanda, saya dengan staf coach Shin Tae-yong, itu susahnya minta ampun, untuk ketemu pemain itu susahnya minta ampun," jelas Indra Sjafri.

Situasinya berbalik 180 derajat pada tahun ini. Indra Sjafri kembali menyambangi Belanda pada Mei 2024, kali ini dengan pangkat sebagai pelatih timnas U-20. Banyak nama-nama keturunan tersimpan dalam sakunya.

3 dari 3 halaman

Sekarang Lebih Diterima, Dulu Susah Banget

"Pada Mei 2024 waktu saya ke Belanda selama sepuluh hari, datang semua pemain keturunan. Apa yang mereka lihat? Sosok Ketua PSSI, Erick Thohir," ungkap Indra Sjafri.

"Lalu juga pencapaian Timnas Indonesia menjadi pertimbangan mereka. Kami lebih diterima mereka. Dulu susah banget merekrut mereka. Sekarang, ada lagi pemain keturunan yang mau, tapi harus selektif juga," ucapnya.

Saat ini, Indra Sjafri sedang menaksir lima pemain keturunan untuk dinaturalisasi demi timnas U-20. Dua di antaranya diyakini adalah Tim Geypens dan Dion Markx.

Sumber: YouTube Arya Sinulingga

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer