Sukses


Toni Firmansyah Disanksi Persebaya karena Indisipliner, Belum Gabung Setelah Agenda Timnas Indonesia U-17, Paul Munster Angkat Bicara

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya mengumumkan deretan pemain yang masuk skuad di BRI Liga 1 2024/2025. Launching tim itu dilakukan beberapa jam sebelum laga uji coba kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (4/8/2024).

Total ada 23 pemain yang diumumkan sebagai anggota skuad Persebaya musim ini. Menariknya, tak ada nama Toni Firmansyah dalam daftar ini. Penggawa Timnas Indonesia U-19 juga tak menampakkan batang hidungnya.

Manajemen Persebaya mengklaim pemain berusia 19 tahun itu sedang dalam hukuman disiplin. Meski masih memiliki kontrak, Toni disebut belum menjalani latihan bersama klub berjulukan Bajul Ijo tersebut.

"Gelandang Persebaya Toni Firmansyah sedang menjalani sanksi disiplin. Sanksi itu dijatuhkan karena Toni mangkir dari sesi latihan tim," demikian bunyi pernyataan resmi klub.

"Padahal, kehadiran pemain dalam sesi latihan sangat dibutuhkan, apalagi saat ini dalam periode akhir persiapan menuju pertandingan perdana Liga 1 2024/ 2025 pada 11 Agustus nanti."

"Karena sedang menjalani sanksi disiplin, maka nama Toni tidak diumumkan dalam Team Launching yang dilakukan hari ini di Gelora Bung Tomo. Sanksi yang diberikan kepada Toni diharapkan bisa membuat yang bersangkutan lebih disiplin ke depan, menjadi pemain yang lebih baik lagi."

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Agenda Timnas

Permasalahan ini sebenarnya terjadi karena Toni harus mengikuti agenda bersama Timnas Indonesia U-19 sejak Juni 2024. Dia menjalani TC dan mengikuti Toulon Cup 2024 yang digelar di Prancis.

Memasuki Juli 2024, Toni juga masuk bagian skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024. Kebetulan, turnamen itu digelar di Surabaya dan Toni ikut membawa Garuda Nusantara menjuarainya.

Laga final sudah digelar pada, Senin (29/6/2024) malam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Timnas Indonesia U-19 sukses menang 1-0 atas Thailand sebelum merengkuh trofi juara.

3 dari 4 halaman

Belum Kembali

Setelah itu, ada sejumlah agenda Timnas Indonesia U-19. Beberapa pemain sudah kembali ke klub masing-masing. Namun, Persebaya mengklaim Toni belum bergabung agenda klub untuk persiapan Liga 1 yang sudah mepet.

Pelatih Persebaya, Paul Munster, angkat bicara mengenai permasalahan ini. Dia menyerahkan keputusan pada manajemen melihat pemain mudanya itu belum bergabung tim.

"Situasi Toni urusannya dengan manajemen. Ada masalah disiplin. Jadi, sekarang saya fokus denhan pemain yang saya punya," kata Paul Munster.

"Kami punya pertemuan dengan manajemen. Tapi, pertama manajemen memang harus melakukan sesuatu terkait kedisiplinan dalam situasi ini. Setelah itu, kita lihat kapan dia datang. Saya fokus pada pemain yang saya miliki sekarang," ungkap Munster.

4 dari 4 halaman

Sepekan Jelang BRI Liga 1

Persebaya hanya punya waktu sepekan saja untuk persiapan akhir BRI Liga 1 2024/2025. Mereka dijadwalkan menjalani laga kandang dalam pekan pertama dengan menjamu PSS Sleman di Stadion GBT, Minggu (11/8/2024).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer