Sukses


Perjalanan Penuh Perjuangan Arema FC hingga Jadi Kampiun Piala Presiden 2024: Tak Terkalahkan dan Paling Produktif

Bola.com, Solo - Arema FC berhasil meraih gelar juara Piala Presiden 2024. Selain menjadi kampiun, Arema berstatus tim yang tak terkalahkan dan juga paling produktif di turnamen pramusim tersebut pada tahun ini.

Tim Singo Edan meladeni Borneo FC di Stadion Manahan, Solo pada partai final Piala Presiden 2024, Minggu (4/8/2024) malam WIB. Berlangsung sengit, kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit.

Skor sama kuat membuat penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, Arema FC berhasil keluar sebagai juara dengan skor 5-4.

Hasil tersebut membuat Tim Singo Edan berhasil meraih gelar juara keempat di Piala Presiden. Sebelum tahun ini, Arema FC sukses menjadi kampiun pada edisi 2017, 2019, dan 2022.

Lantas, seperti apa perjalanan penuh perjuangan Arema FC hingga berhasil menjadi juara Piala Presiden 2024? Berikut ini ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fase Grup

Arema tergabung di Grup B Piala Presiden 2024, dan bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Mereka bersaing dengan Persija Jakarta, Madura United, dan Bali United untuk meraih tiket ke fase knock-out.

Satu grup dengan tim-tim papan atas Indonesia, Arema FC tampil trengginas. Pada laga pertama Grup B, 21 Juli lalu, Tim Singo Edan meraih kemenangan 1-0 atas Bali United.

Pada pertandingan kedua, Arema FC harus puas bermain imbang 2-2 kontra Persija Jakarta, 24 Juli 2024. Adapun duel terakhir penyisihan grup, Arema berhasil melumat Madura United lima gol tanpa balas pada 26 Juli 2024.

Berkat hasil tersebut, Arema FC lolos ke fase knock-out dengan status juara Grup B dengan nilai tujuh. Mereka unggul hingga tiga poin atas Persija Jakarta yang menempati urutan kedua.

 

3 dari 4 halaman

Semifinal

Melenggang ke semifinal, Arema FC bersua Persis Solo yang berstatus peringkat kedua Grup A. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada 31 Juli 2024.

Bertanding di kandang lawan, Arema mendapat perlawanan sengit. Menurut statistik yang dicatat Lapangbola, Arema FC hanya mencatatkan 39 persen penguasaan bola, berbanding 61 persen yang ditorehkan Persis.

Meski kalah dalam penguasaan bola, Tim Singo Edan tampil efektif. Mereka melepaskan tujuh tembakan yang lima di antaranya mengarah ke gawang. Adapun Persis tak memperoleh satu pun peluang bagus, dari 15 kesempatan.

Arema FC pun akhirnya menyudahi pertandingan dengan skor 2-0. Sepasang gol kemenangan Arema ke gawang Persis Solo disarangkan Charles Lokolingoy menit ke-59 dan 82'.

 

4 dari 4 halaman

Final

Kemenangan atas Persis Solo membuat Arema FC melenggang ke final dan bersua Borneo FC. Anak asuh Joel Cornelli itu pun mendapat perlawanan sengit dari Tim Pesut Etam.

Berdasarkan statistik di Lapangbola, Arema FC menorehkan 46 persen penguasaan bola, berbanding 54 persen milik Borneo FC. Meski kalah dalam penguasaan bola, Arema melepaskan 15 tembakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang.

Di sisi lain, Borneo hanya memperoleh dua peluang bagus dari tujuh kesempatan. Sayangnya, kedua tim harus puas bermain imbang 1-1 selama 90 menit pertandingan.

Arema FC unggul lebih dulu lewat gol Wilian Marcilio pada menit ke-49. Sementara itu, Borneo FC berhasil menyamakan skor berkat aksi Leo Gaucho pada menit ke-62.

Skor sama kuat membuat penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, Arema akhirnya meraih kemenangan 5-4 atas Borneo FC.

Kelima penendang Tim Singo Edan menjalankan tugasnya dengan baik, sedangkan dari lima algojo Tim Pesut Etam, hanya Ronaldo Rodrigues yang gagal.

Hasil tersebut membuat Arema FC berhasil menjadi kampiun Piala Presiden 2024. Tak hanya menjadi juara, Arema juga berstatus tim yang tak terkalahkan dari lima pertandingan, serta menjadi tim tersubur dengan koleksi 11 gol.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer