Sukses


Indra Sjafri Sudah Rekomendasikan Naturalisasi Mauresmo Hinoke untuk Timnas Indonesia U-19, tapi...

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, telah merekomendasikan naturalisasi Hinoke Mauresmo Johannes Jacob Danny Silvinho alias Mauresmo Hinoke kepada PSSI.

Selain Mauresmo Hinoke, Indra Sjafri juga menyodorkan dua pemain keturunan lainnya untuk dinaturalisasi PSSI demi Timnas Indonesia U-19. Keduanya adalah Tim Geypens dan Dion Markx.

Mauresmo Hinoke, Tim Geypens, dan Dion Markx telah membuat Indra Sjafri terpukau ketika ketiganya bermain untuk Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2024 Prancis pada 3-16 Juni 2024.

Namun, beredar kabar bahwa naturalisasi Mauresmo Hinoke sulit dilakukan karena darah Indonesianya lebih dari tiga garis keturunan, atau di atas kakek dan nenek.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tidak Sesuai Statuta FIFA

Sesuai dengan Statuta FIFA FIFA Pasal ke-7 tentang Perolehan Kewarganegaraan Baru, sederhananya, pemain naturalisasi harus mempunyai maksimal keturunan dari kakek atau neneknya.

Selain itu, jika garus keturunannya lebih dari tiga, maka si pemain harus tinggal selama lima tahun berturut-turut atau sepuluh tahun tidak beruntun di negara barunya.

"Soal Mauresmo Hinoke, coba tanya ke PSSI. Itu saya tidak terlalu paham regulasi tentang naturalisasi," ujar Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Berdarah Maluku

"Saya sudah sampaikan berapa pemain yan saya rekomendasikan. Mengenai administrasi apakah bisa dinaturalisasi atau tidaknya, memang ada aturan atau Undang-Undang yang mengatur itu," jelas Indra Sjafri.

Garis keturunan Indonesia Mauresmo Hinoke konon berasal dari Maluku. Namanya terinspirasi dari mantan petenis putri asal Prancis, Amelie Mauresmo.

Saat ini, Mauresmo Hinoke menimba ilmu di FC Dordrecht U-21 di Liga Belanda U-21. Pada musim lalu, winger berusia 19 tahun ini mencetak tiga gol dari 18 penampilan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer