Sukses


Piala Presiden 2024 The Real Marwah Sepak Bola Indonesia: Prestise, Kompetitif, Roda Ekonomi, Wadah Pembinaan, Semua Berjalan Luar Biasa

Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala Presiden 2024 berjalan lancar sejak dibuka pada 19 Juli lalu. Arema FC keluar sebagai juaranya setelah mengandaskan perlawanan Borneo FC di final yang berlangsung dramatis.

Ya, Arema FC menang lewat adu penalti 5-4 (1-1) atas Borneo FC di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/8/2024) malam WIB. Bagi Arema, gelar ini merupakan koleksi keempat mereka sepanjang sejarah digelarnya Piala Presiden.

Tim berjulukan Singo Edan adalah tim terbanyak pengoleksi gelar setelah sebelumnya menjadi kampiun Piala Presiden pada edisi 2017, 2019, dan 2022. Arema pun layak mendapat predikat sang Raja Piala Piala Presiden. Selamat untuk Arema FC!

Terlepas dari keberhasilan tim kebanggaan wong Malang atas gelar juaranya, Piala Presiden 2024 memang layak mendapat apresiasi yang besar. Turnamen pramusim ini berjalan dengan dinamis dan menjadi bukti marwah ideal sepak bola Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Prestise

Piala Presiden sudah berjalan di enam edisi. Arema FC adalah tim yang paling banyak mengangkat trofi sebanyak empat kali. Sementara Persib Bandung dan Persija masing-masing satu kali menjuarai.

Piala Presiden sangat prestise bagi tim yang bisa menjadi juaranya. Dengan nama Piala Presiden yang artinya adalah sebuah penghargaan yang datang dari orang nomor satu di Indonesia, dan jelas bukanlah sembarang piala.

Piala Presiden 2024 berbeda dari edisi sebelumnya. Sebuah kejuatan disiapkan oleh panitia Piala Presiden 2024. Untuk turnamen tahun ini, ada perubahan di trofi juara, di mana trofi ini akan dilapisi dengan emas 24 karat.

Kemudian adalah hadiah tunai yang diberikan untuk tim yang berprestasi. Ketua Steering Committee (SC) Maruarar Sirait mengumumkan adanya kenaikan nominal hadiah untuk klub juara, masing-masing sebesar Rp250 juta.

Keputusan tersebut diambil menyusul adanya lonjakan nilai sponsor Piala Presiden edisi ini. Dalam konferensi pers jelang kompetisi, panitia semula baru mengantongi dukungan sebesar Rp48 miliar.

Kemudian saat opening ceremony, nilai sponsor tembus Rp68 miliar. Sementara itu, mendekati bergulirnya partai puncak, penyelenggara Piala Presiden 2024 kembali mendapat tambahan sponsor yang membuat nilai totalnya menyentuh angka Rp78 miliar.

Alhasil Arema FC yang menjadi juara berhak mendapat hadiah sebesar Rp5,25 miliar, Borneo FC (Rp2,75 miliar), Persis Solo (Rp1,75 miliar), dan Persija (Rp1,25 miliar).

3 dari 6 halaman

Persaingan Sengit

Ajang Piala Presiden 2024 juga berjalan sengit dari sisi persaingan antarklub pesertanya. Juara bertahan BRI Liga 1 Persib Bandung tak sanggup melaju jauh.

Mereka kalah dari Borneo FC dan Persis Solo yang kemudian lolos ke babak gugur. PSM Makassar yang menyandang juara Liga 1 2022/2024, juga tersingkir lebih awal.

Sementara tuan rumah Bali United dan Madura United tidak bisa berbuat banyak di babak penyisihan grup. Justru Persija Jakarta dan Arema FC yang lebih moncer untuk melaju jauh.

Menariknya adalah kiprah Arema FC. Tak ada yang mengira sebelumnya bahwa tim berjulukan Singo Edan bisa terus melaju hingga menjadi juara. Arema terseok-seok musim lalu, bahkan hampir terdegradasi.

Arema di bawah polesan Joel Cornelli berhasil melakukan perubahan besar terutama di sisi legiun asingnya. Masuknya Lucas Frigeri, Thales, Wilian Marcilio, dan Dalberto membawa permainan ciamik dan penuh karakter.

Borneo FC juga tidak jauh berbeda, dengan masuknya sejumlah pemain asing baru seperti Berguinho, Gabriel Furtado, Leo Gaucho, Ronaldo Rodrigues, dan Christophe Nduwarugira. Borneo masih bertaji seperti musim lalu, meski Dewi Fortuna belum berpihak di partai final kontra Arema.

Ajang Piala Presiden 2024 juga dimanfaatkan untuk tim-tim seperti Persib, Persis, Madura United, Bali United, hingga Persija dalam mempersiapkan diri menghadapi persaingan BRI Liga 1 2024/2025. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim baru akan dimulai Jumat (9/8/2024) atau kurang dari sepekan lagi.

4 dari 6 halaman

Perekonomian Menggeliat

Kehadiran Piala Presiden 2024 turut mendongkrak sektor perekonomian di masyarakat. Sejak digelar pada awalnya di Bandung dan Gianyar pada fase grup, serta di Solo pada fase semifinal dan final turut membawa rezeki bagi geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketika kompetisi sepak bola Indonesia masih libur, kehadiran Piala Presiden 2024 menjadi momentum datangnya rezeki bagi para pedagang di sekitar stadion. Para pedagang UMKM mulai dari yang menjajakan atribut tim sepak bola maupun pedagang makanan dan minuman.

Bahkan saat semifinal Piala Presiden 2024 di Solo, pedagang UMKM di Stadion Manahan, Solo, mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan rezeki dari turnamen sepak bola ini, terutama karena lapak yang digunakan untuk berdagang secara gratis atau tidak dipungut biaya.

"UMKM selalu ada di setiap pertandingan Piala Presiden. Saya juga tadi sempat makan soto dan minum es dawet di sana. Saya melihat kekuatan UMKM terutama kulier di Solo ini luar biasa. Rasanya enak, harga terjangkau, dan penyajian cepat," ujar Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, Maruarar Sirait, ketika hadir di Solo pada semifinal Piala Presiden 2024.

"Harus makin diberikan kesempatan dari waktu ke waktu, dan sebaliknya yang mendapatkan kesempatan juga harus punya daya saing yang tinggi. Rasanya enak, harga bersaing, kemasan menarik. Jadi kesempatan dan kesiapan itu akan selalu beriringan," lanjutnya.

Maruarar Sirait juga menegaskan bahwa penyelenggaraan Piala Presiden 2024 tidak boleh lepas dari upaya untuk bisa menumbuhkan perekonomian rakyat sesuai dengan visi dan misi sosial yang digaungkan Presiden Joko Widodo.

"Kami punya visi dan misi sosial dari Pak Presiden Jokowi, bagaimana UMKM bisa tumbuh. Saya sangat senang bisa menjalankan arahan Pak Jokowi, UMKM harus bahagia, senang, dan dagangannya makin laris dari Piala Presiden," ujar Ara.

Selain itu, kehadiran UMKM membuat Piala Presiden 2024 menjadi sebuah hiburan yang lengkap dan berkualitas bagi masyarakat yang mengajak serta keluarganya untuk menikmati pertandingan langsung di stadion.

"Mereka bisa makan dan minum sebelum dan setelah menyaksikan pertandingan. Jadi mereka bisa menikmati hiburan bersama keluarga, menikmatinya dengan suasana yang baik. Tentu ini membahagiakan mereka, karena menurut saya, kita senang olahraga ini menjadi hiburan yang berkualitas," lanjutnya.

5 dari 6 halaman

Wadah Pembinaan Pemain Muda

Tidak hanya buat para pemain senior dan bintang-bintang di Timnas Indonesia maupun para legiun asing andalan klub peserta. Ajang Piala Presiden 2024 juga menjadi kesempatan bagi para pemain muda, artinya turnamen ini punya manfaat sebagai pembinaan.

Bintang Timnas Indonesia U-16, Zahaby Gholy mencatatkan sejarah di Piala Presiden 2024. Winger Persija Jakarta itu jadi pemain termuda yang tampil pada ajang itu.

Zahaby Gholy baru saja dipromosikan ke tim utama Persija Jakarta. Tak menunggu waktu lama, pemain asal Bekasi, Jawa Barat itu langsung menjalani debut di Piala Presiden 2024. Usianya kini baru menginjak 15 tahun 229 hari.

Pelatih Persija Jakarta, Carlos Pena, memainkan Zahaby Gholy dalam laga kontra Madura United pada matchday pertama Grup B Piala Presiden 2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (21/7/2024) malam.

Winger berpostur 171 cm itu memulai laga dari bangku cadangan. Zahaby Gholy tampil pada babak kedua, tepatnya di menit ke-69. Dia menggantikan gelandang berkebangsaan Jepang, Ryo Matsumura.

Pemain kelahiran 5 Desember 2008 itu menunjukkan penampilan cukup baik. Meski tak dipungkiri dia masih sedikit grogi ketika harus bermain dengan para seniornya. Maklum, ini merupakan kali pertama Zahaby Gholy bermain di tim utama, setelah sebelumnya menimba ilmu di Persija U-16.

Pemilik nama lengkap Muhamad Zahaby Gholy Gholy itu dikenal punya visi bermain bagus dan skill mumpuni. Selama 23 menit di lapangan, dia mencatat empat passing sukses. Selain Gholy, Carlos Pena juga menurunkan pemain muda lainnya yakni Aditya Warman.

Jangan lupakan Arkhan Fikri, pemain muda Arema FC dan Timnas Indonesia. Ia menjadi pemain muda terbaik Piala Presiden 2024. Pesepakbola berusia 19 tahun itu juga berhasil membawa timnya menjuarai turnamen tersebut.

Dua gelar yang didapat di Piala Presiden 2024 tak membuat Arkhan Fikri berpuas diri. Pemain berusia 19 tahun ini mengaku akan terus belajar.

"Yang pasti harus belajar lagi, harus evaluasi apa yang jadi kekurangan. Saya harus tingkatkan lagi. Saya bersyukur ini piala pertama saya di Arema. Pemain semua kerja keras dan kami sampai akhir bisa menang walaupun penalti," kata Arkhan Fikri.

6 dari 6 halaman

Ramah bagi Penonton di Stadion

Sepak bola semestinya menjadi milik semua. Ya, itulah pemandangan yang tersaji sepanjang penyelenggaraan Piala Presiden 2024 di Kota Solo. Empat tim terbaik yang lolos ke fase semifinal menyajikan hiburan bagi semua kalangan.

Laga sepak bola yang sering kali identik dengan kericuhan, kini justru mampu hadir sebagai hiburan. Kini, seorang ayah tak harus bergelut dengan perasaan cemas sekaligus was-was ketika mengajak buah hatinya menonton langsung pertandingan di Stadion.

Selama Piala Presiden 2024 dihelat di Kota Solo, tak hanya suporter pendukung klub saja yang mendominasi hajatan ini. Sebab, anak-anak yatim piatu, siswa sekolah sepak bola (SSB), hingga keluarga, bisa ikut mengisi bangku-bangku stadion dengan aman dan nyaman.

Menonton pertandingan sepak bola di stadion sudah menjadi alternatif rekreasi bagi Gesang Dedi Gunawan dan keluarga kecilnya. Bersama istri, Tutik Handayani, beserta dua anaknya, lelaki berusia 38 tahun itu cukup rutin menyaksikan laga di Stadion Manahan.

Butuh waktu sekitar 30 menit dari rumahnya yang berada di Mojolaban, Sukoharjo, untuk melintasi padatnya jalanan menuju stadion. Baginya, menonton laga sepak bola tak ubahnya sumber hiburan keluarga yang cukup mudah diakses.

“Keluarga kami sudah cukup sering menyaksikan laga di stadion. Seringnya nonton Persis Solo. Anak saya yang pertama ini sudah kelas dua SMP. Dia juga ikut SSB. Makanya sangat senang lihat sepak bola,” kata Gesang saat berbincang dengan Bola.com, Sabtu (4/8/2024).

“Kalau dulu, petugas keamanannya masih relatif sedikit. Kalau sekarang lebih banyak dan terjamin keamanannya. Memang sekarang penjagaannya lebih ketat. Saya rasa itu juga perlu demi keamanan semuanya,” ujarnya.

Upaya untuk menciptakan ruang aman dan nyaman di stadion ini memang menjadi target yang akan terus ditingkatkan oleh Ketua Local Organizing Committee (LOC) Piala Presiden 2024, Ginda Ferachtriawan. Apalagi, Kota Solo punya pengalaman menggelar Piala Dunia U-17 2023.

Dari perhelatan itu, panitia penyelenggara lokal mendapatkan banyak pelajaran berharga untuk menggelar pertandingan yang ideal. Dengan prosedur pengamanan yang dibenahi, Ginda menyebut laga sepak bola kini sudah semestinya bisa diakses semua kalangan tanpa perlu merasa terancam.

“Kita bisa melihat stadion yang ramah anak, ramah keluarga, dan ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata. Inilah yang dimaksud bahwa sebagai sport tourism,” ujar Ginda saat ditemui di Stadion Manahan.

“Harapannya, keluarga hingga anak-anak bisa datang ke stadion dengan nyaman tanpa merasa ada tekanan. UMKM bisa ikut masuk, sehingga ekonomi ikut bergerak. Itu bisa menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan kota ini,” imbuhnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer