Sukses


Wajib Ditunggu! Duel Timnas Indonesia Kontra Belanda Bakal Disambut Euforia Luar Biasa

Bola.com, Jakarta - Rencana Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang membuka kesempatan Timnas Indonesia menggelar laga persahabatan melawan Timnas Belanda mendapatkan sambutan positif dari berbagai kalangan.

Sebelumnya, Erick Thohir telah membahas penjajakan tersebut saat berjumpa dengan Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns. Dalam pertemuan itu, Erick mengungkapkan rencana kolaborasi antara PSSI Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Rencananya, PSSI dan KNVB bakal menggodok rencana pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia dengan Belanda. Agenda ini tak hanya di level senior saja, tetapi juga di kelompok usia muda, dan juga skuad putri.

"Kami juga menginfokan rencana kolaborasi antara PSSI dengan KNVB. Timnas Indonesia dan Belanda akan membuat program pertandingan persahabatan di semua usia, baik pria dan wanita," Erick Thohir, Senin (5/8/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Euforia Luar Biasa

Pengamat sepak bola Indonesia, Aris Budi Sulistyo, melihat ada banyak sisi positif dari rencana ini. Menurutnya, kesempatan beruji coba melawan De Oranje bakal menjadi keuntungan bagi skuad Garuda.

Pasalnya, menurut Aris, Belanda sudah menjadi langganan Piala Dunia. Selain itu, euforia pertandingan ini juga akan semakin menarik karena skuad Merah Putih punya beberapa pemain keturunan yang lahir di Belanda.

“Kalau uji cobanya melawan tim sekelas Belanda, yang mana mereka adalah langganan Piala Dunia, bagi saya ini adalah sebuah kehormatan. Saya yakin pasti nanti euforianya luar biasa,” kata Aris kepada Bola.com, Selasa (6/8/2024).

“Karena, yang pertama, ada banyak pemain keturunan kelahiran Belanda yang sekarang ini memperkuat Timnas Indonesia. Mereka akan melawan pemain-pemain yang asli orang Belanda,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Kedekatan Hubungan

Kedekatan antara Indonesia dengan Belanda dan PSSI antara KNVB makin lengkat menyusul banyaknya pemain keturunan kelahiran Belanda yang sudah dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Sejak Erick Thohir menjabat sebagai Ketua Umum PSSI pada medio Februari 2023, Timnas Indonesia setidaknya telah menaturalisasi sepuluh pemain berdarah Indonesia yang lahir di Belanda.

Nama-nama pemain keturunan yang dimaksud yaitu Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, Maarten Paes, Calvin Verdonk, dan Jens Raven.

Video Populer

Foto Populer