Sukses


3 Inovasi di BRI Liga 1 2024 / 2025: Termasuk Kehadiran Wasit Asing

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2024/2025 akan segera bergulir. Laga antara Persib Bandung melawan PSBS Biak di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (9/8/2024) akan menjadi duel pembuka musim ini.

BRI Liga 1 2024/2025 akan kembali ke format lama. Yakni menggunakan musim kompetisi penuh. Artinya Championship Series yang digunakan pada musim lalu tidak lagi terpakai.

Selain itu, BRI Liga 1 2024/2025 akan menggunakan beberapa inovasi. Yang pertama adalah digunakannya VAR sejak awal musim.

VAR memang sudah digunakan di BRI Liga 1 2023/2024. Namun, teknologi itu baru digunakan saat kompetisi memasuki Championship Series.

"Di Piala Presiden 2024 responnya bagus untuk VAR. Klub sempat bersinggungan, tetapi begitu review VAR, keputusannya jadi fair," ujar ketua umum PSSI, Erick Thohir.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Wasit Asing

Keberadaan wasit asing juga akan menjadi daya tarik dari BRI Liga 1 2024/2025. PSSI bahkan merencanakan paling tidak ada satu wasit asing yang dihadirkan setiap bulannya.

"Selain VAR, kami juga sudah sepakat ada wasit asing untuk menjadi wasit tamu, per bulan mungkin satu," katanya.

Erick Thohir menyebut kehadiran wasit itu penting. Bukan hanya untuk menjaga kualitas laga, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri wasit lokal.

 "Supaya bisa create confidence juga untuk wasit Indonesia," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Edukasi

Tak hanya itu, edukasi untuk pelatih, pemain dan ofisial juga dinilai penting. Pihak operator liga dan PSSI pun intens melakukan edukasi itu.

"Kita juga dorong edukasi laws of the game supaya manajer, pelatih, mengerti aturan bermain bahwa sesuai dengan aturan FIFA, protes pemain hanya bisa dilakukan kapten di lapangan kepada wasit," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2024/2025

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer