Sukses


Tanpa Welber Jardim, Bagaimana Timnas Indonesia U-19 Menghadapi Seoul Earth on Us Cup 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 disibukkan dengan banyak agenda di pertengahan 2024. Setelah menjuarai Piala AFF U-19 2024, Garuda Nusantara akan berlaga di Seoul Earth on Us Cup 2024.

Seoul Earth on Us Cup 2024 merupakan turnamen yang diselenggarakan oleh Korea Selatan. Turnamen itu akan digelar di Mokdong Stadium, Seoul pada 28 Agustus sampai 1 September 2024.

Selain Timnas Indonesia, Seoul Earth on Us Cup 2024 juga diikuti oleh sang tuan rumah Korea Selatan. Thailand dan Argentina juga akan ambil bagian dalam turnamen itu.

Namun, beberapa pemain keturunan yang dimiliki Timnas Indonesia U-19 tidak akan ambil bagian dalam Seoul Earth on Us Cup 2024. Misalnya pemain keturunan Brasil, Welber Jardim.

Absennya Welber Jardim harus diantisipasi oleh pelatih Timnas Indonesia U-19. Sebab, sosok berusia 18 tahun itu memiliki peran yang cukup penting di skuad Garuda Nusantara.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Serba Bisa

Welber Jardim pertama kali mencuat sebagai bek kanan. Posisi itu dijalani Jardim sejak ia bermain di level akademi di Sao Paulo.

Saat membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Welber Jardim pun bermain di posisi bek kanan. Jardim cukup solid memainkan posisi itu.

Kecepatannya memang tidak terlalu baik. Namun, umpang silang pemain satu ini sangat memanjakan penyerang.

Belakangan, Welber Jardim berubah posisi. Ia lebih sering dimainkan di posisi gelandang bertahan. Seperti yang dialami Trent Alexander-Arnold di Timnas Inggris.

3 dari 4 halaman

Ancaman Minim Kreativitas

Dengan bermain di posisi gelandang bertahan, Welber Jardim bisa semakin leluasa menggunakan kemampuan mengumpan yang ia miliki. Perpindahan posisi itu pun berbuah sukses.

Welber Jardim tampil konsisten sebagai gelandang Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024. Jardim bahkan mampu menjadi salah satu sumber kreativitas utama.

Absennya Welber Jardim Seoul Earth on Us Cup 2024 tentu akan membuat Indra Sjafri mencari alternatif lain di lini tengah. Apalagi rekan duet Jardim, Kafiatur Rizky juga harus absen karena cedera.

4 dari 4 halaman

Siapkan Pemain Baru

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memahami absennya Welber Jardim dan Jens Raven di Seoul Earth on Us Cup 2024. Keduanya sedang dibutuhkan oleh klub masing-masing.

Indra Sjafri pun menyatakan pihaknya tidak kehabisan pemain. Ada beberapa pemain baru yang akan segera dipanggil ke skuad Timnas Indonesia U-19.

"Kemungkinan ada beberapa pemain baru yang akan dipanggil. Kami akan berkumpul pada 11 Agustus 2024 dan mulai pemusatan latihan (TC) satu hari berikutnya." jelas Indra Sjafri.

 

Video Populer

Foto Populer