Sukses


Belum Berprestasi di Level Klub, Ernando Ari Ingin Bawa Persebaya Juara BRI Liga 1 2024/2025

Bola.com, Surabaya - Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, sudah lama bergabung dengan Persebaya Surabaya. Namun, belum ada prestasi yang mampu dipersembahkannya untuk tim senior Bajul Ijo.

Ernando Ari memulainya sejak bergabung Persebaya U-19 di Elite Pro Academy (EPA) U-19 2018. Dia kemudian jadi bagian integral Persebaya U-20 di EPA U-20 2019 yang menjadi juara di ajang tersebut.

Pada 2020, Ernando masuk tim senior Persebaya Surabaya. Setelah empat tahun bergabung Persebaya senior, belum ada prestasi gemilang yang dibukukannya. Hal itu kontras dengan pencapaiannya di Timnas Indonesia.

Ernando pernah membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018. Dia kemudian kiper utama Timnas Indonesia U-22 yang meraih emas SEA Games 2023.

Memasuki BRI Liga 1 2024/2025, Ernando ingin membawa Persebaya menjadi juara. Dia mengaku kecewa karena selama tiga musim terakhir masih belum berhasil mengantar Bajul Ijo mencapai prestasi itu.

“Sekarang ini saya lebih fokus pada pencapaian. Saya sudah lama sekali di sini, tapi tidak bisa memberikan apa-apa buat Persebaya Surabaya. Jadi itu yang saya rasa, istilahnya Jawanya itu gelo, ya gelo sendiri,” kata Ernando.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fokus demi Juara

Ernando sebenarnya berkesempatan meraih titel juara bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 2020. Saat itu, materi tim Bajul Ijo berisikan Makan Konate, David da Silva, Mahmoud Eid, dan Hansamu Yama. Sayang, kompetisi dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Kiper asli Semarang itu lantas menjadi pilihan utama Persebaya sejak Liga 1 2021/2022. Sudah tiga musim Ernando menjalani kompetisi profesional, belum ada prestasi gemilang yang dicatatkannya bersama tim maupun individu.

Liga 1 2024/2025 diprediksi akan berjalan lebih ketat. Sebab, ada perubahan regulasi dengan setiap klub boleh mendaftarkan delapan pemain asing. Klub-klub kontestan juga berbenah demi persaingan juara.

“Semua di Liga 1 ini pasti ingin juara, kami pun juga pasti ingin target juara. Saya lebih fokus kepada tim saya, taktik saya di latihan, dan juga teknik-teknik persiapan di latihannya. Karena yang terpenting adalah itu,” ungkap Ernando.

“Jadi saya harus lebih fokus kepada tim saya sendiri, saya nggak perlu mikirin tim-tim lain. Kalau kita pun ketemu kita fight aja, pasti kalau kita percaya sama satu sama lain kita bisa menang,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Materi Pemain Lebih Baik dari Musim Lalu

Persebaya Surabaya saat ini berisikan materi pemain yang terbilang lebih baik dibanding musim lalu saat menjalani musim terburuk.

Bajul Ijo kini memiliki enam pemain asing, yakni Slavko Damjanovic, Gilson Costa, Mohammed Rashid, Francisco Rivera, Bruno Moreira, dan Flavio Silva.

Mampukah Persebaya bangkit dan menjadi yang terbaik di BRI Liga 1 2024/2025?

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer