Sukses


Profil Klub BRI Liga 1 2024/2025: Malut United, Tim Baru Bertabur Bintang yang Malu-Malu Pasang Target Juara

Bola.com, Jakarta - Ada tiga pendatang baru di BRI Liga 1 2024/2025. Ketiganya adalah PSBS Biak, Semen Padang, dan Malut United.

Nama terakhir dari tiga klub di atas cukup menarik perhatian. Malut United mendapatkan tiket promosi ke BRI Liga 1 musim ini sebagai pemenang laga play-off.

Malut United sudah menarik perhatian sejak berlaga di Liga 2 musim lalu. Laskar Kie Raha bahkan bisa dikatakan memiliki skuad yang terlalu mewah untuk bertarung di liga level kedua sepak bola Indonesia.

Setelah mendapatkan tiket promosi ke BRI Liga 1 2024/2025, Malut United tampak lebih ganas. Mereka mendatangkan banyak pemain dengan nama besar.

Misalnya si kembar, Yakob Sayuri dan Yance Sayuri. Kemudian ada pemain yang menjadi langganan Timnas Indonesia seperti Wahyu Prasetyo.

Sejauh ini Malut United juga sudah menggaet delapan pemain asing. Mereka terlihat memiliki latar belakang yang cukup menjanjikan.

Dengan skuad yang dimiliki, Malut United disebut layak bersaing di zona juara BRI Liga 1 2024/2025. Meski Laskar Kie Raha masih tampak malu-malu berbicara mengenai hal itu.

“Yang pasti setiap pelatih punya target, biarlah pelan-pelan tim biar berjalan saja. Tetapi saya punya target lebih baik dari Liga 2 kemarin," ujar sang pelatih, Imran Nahumarury belum lama ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pemain Bintang: Yakob Sayuri

Malut United menggaet Yakob Sayuri dari PSM Makassar jelang bergulirnya BRI Liga 1 2024/2025. Yakob digaet bersama sang saudara kembar, Yance Sayuri.

Kehadiran keduanya, terutama Yakob Sayuri akan makin membuat ngeri Malut United. Yakob yang saat ini berusia 25 tahun sedang berada di level terbaik permainan.

Yakob Sayuri juga sangat berpengalaman. Eks pemain Barito Putera ini menjadi langganan Timnas Indonesia di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Kemampuan Yakob Sayuri yang bisa bermain di lebih dari satu posisi juga akan sangat menguntungkan bagi Malut United. Pemain satu ini bisa bermain di posisi winger, gelandang sayap, bahkan bek sayap.

3 dari 5 halaman

Pelatih: Imran Nahumarury

Malut United mengambil keputusan berani. Laskar Kie Raha tetap mempertahankan Imran Nahumarury di posisi pelatih kepala.

Imran Nahumarury memang berperan sangat penting dalam membawa Malut United mendapatkan tiket promosi dari Liga 2 musim lalu.

Imran Nahumarury punya beban berat. Sebab, semakin ke sini semakin sedikit pelatih lokal yang dipercaya menukangi klub BRI Liga 1. Selain Imran di musim ini hanya ada tiga pelatih lokal lain yang akan beraksi.

Mereka adalah Hendri Susilo di Semen Padang. Kemudian ada Widodo Cahyono Putro di Madura United dan Rahmad Darmawan di Barito Putera.  

"Coach Imran punya tanggung jawab besar. Di belakang dia ini ada nasib pelatih lokal yang lain. Kompetisi BRI Liga 1 2024/2025 jadi pertaruhan juga untuk pelatih lokal," kata COO Malut United, Wilhem D. Nanlohy.

4 dari 5 halaman

Data Klub

Komposisi Pemain

  • Kiper: Ray Redondo, Muhammad Ridwan, Fahri, Rifky Tofani
  • Belakang: Cassio Scheid (Brasil), Wahyu Prasetyo, Safrudin Tahar, Rio Saputro, Yance Sayuri, Saddam Tenang, Irsan Lestaluhu, Bagus Nirwanto, Fredyan Wahyu, Firman Ramadhan
  • Tengah: Manahati Lestusen, Finky Pasamba, Wbeymar Angulo (Armenia/Brasil), Alwi Slamat, Ahmad Baasith, Ichlasul Qadri, Darel Valentino, Tatsuro Nagamatsu (Jepang), Adriano Castanheira (Portugal/Swiss), Pramoedya Putra
  • Depan: Frets Butuan, Jorge Correa (Argentina), Ilham Udin Armaiyn, Rifal Lastori, Hari Nur Yulianto, Yandi Sofyan, Diego Martinez (Paraguay), Yakob Sayuri, Rafli Selang, Aaron Yekti, Victor Mansaray (Amerika Serikat/Sierra Leone).
  • Pelatih: Imran Nahumarury

Prestasi Musim Lalu: Pemenang play-off promosi

Prediksi Bola.com: Papan Tengah

Malut United memiliki segala potensi untuk menuju papan atas BRI Liga 1 2024/2025. Skuad mereka sangat mumpuni. Sang pelatih, Imran Nahumarury pun pernah menukangi PSIS Semarang di liga level tertinggi.

Namun, musim debut jelas bukan menjadi musim yang mudah bagi klub manapun. Termasuk yang akan dialami Malut United.

Tim-tim lain seperti Persib Bandung, Dewa United, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, dan PSS Sleman dirasa lebih berpengalaman untuk bersaing di papan atas BRI Liga 1 2024/2025.

Persaingan di papan tengah menjadi potensi paling ideal yang bisa digali oleh Malut United. Jika berhasil menempati posisi keenam atau lebih tinggi di musim ini, Malut United bisa dikatakan mencatatkan prestasi hebat. 

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2024/2025

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer