Sukses


BRI Liga 1: Akhir Polemik dengan Persebaya, Toni Firmansyah Minta Maaf

Bola.com, Jakarta Polemik Persebaya Surabaya dengan gelandang Toni Firmansyah telah menemui titik terang. Gelandang berusia 19 tahun itu secara terbuka membuat surat terbuka permohonan maaf.

Toni mengunggahnya dalam story di akun instagram pribadinya, Jumat (9/8/2024). Dia meminta maaf telah membuat kegaduhan  selama beberapa hari terakhir.

“Dengan ini, saya Toni Firmansyah meminta maaf kepada manajemen Persebaya, pelatih, rekan-rekan satu tim, juga seluruh Bonek dan pendukung Persebaya atas kegaduhan yang muncul,” tulis Toni Firmansyah.

“Saya mengaku salah karena tidak mengindahkan perintah manajemen untuk gabung latihan pada 31 Juli lalu. Waktu itu saya memaksakan diri ke Jakarta untuk mengikuti syukuran dan pembubaran Timnas U-19. Saya kini menyadari, bahwa latihan bersama lebih penting daripada ceremony, karena pertandingan timnas saat itu sudah.”

“Soal pemuatan surat teguran dari manajemen di akun media sosial, saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya. Saya kini sudah menjalani sanksi disiplin berupa latihan di tim Elite Youth Persebaya. Selanjutnya saya siap menjalani arahan dari manajemen dan pelatih berikutnya.”

“Saya berterima kasih kepada Pak Yahya Alkatiri dan manajemen Persebaya, hukuman ini insya Allah menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya. Untuk menjadi pemain yang lebih baik di kemudian hari.”

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mangkir

Sebelumnya, permasalahan ini muncul saat Persebaya mengumumkan deretan pemain yang masuk skuad di BRI Liga 1 2024/2025. Launching tim itu dilakukan beberapa jam sebelum laga uji coba kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (4/8/2024).

Total ada 23 pemain yang diumumkan sebagai anggota skuad Persebaya musim ini. Tak ada nama Toni Firmansyah dalam daftar ini. Penggawa Timnas Indonesia U-19 juga tak menampakkan batang hidungnya.

Manajemen Persebaya mengklaim pemain berusia 19 tahun itu sedang dalam hukuman disiplin. Meski masih memiliki kontrak, Toni disebut belum menjalani latihan bersama klub berjulukan Bajul Ijo tersebut.

3 dari 4 halaman

Agenda Timnas Indonesia U-19

Toni harus mengikuti agenda bersama Timnas Indonesia U-19 sejak Juni 2024. Dia menjalani TC dan mengikuti Toulon Cup 2024 yang digelar di Prancis.

Memasuki Juli 2024, Toni juga masuk bagian skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024. Kebetulan, turnamen itu digelar di Surabaya dan Toni ikut membawa Garuda Nusantara menjuarainya.

Laga final sudah digelar pada, Senin (29/6/2024) malam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Timnas Indonesia U-19 sukses menang 1-0 atas Thailand sebelum merengkuh trofi juara.

Setelah itu, ada sejumlah agenda Timnas Indonesia U-19. Beberapa pemain sudah kembali ke klub masing-masing. Namun, Persebaya mengklaim Toni belum bergabung agenda klub untuk persiapan Liga 1 yang sudah mepet.

4 dari 4 halaman

Komentar Pelatih

Pelatih Persebaya, Paul Munster, juga angkat bicara mengenai permasalahan ini. Dia menyerahkan keputusan pada manajemen melihat pemain mudanya itu belum bergabung tim.

“Situasi Toni urusannya dengan manajemen. Ada masalah kedisiplinan. Jadi, sekarang saya fokus dengan pemain yang saya punya,” kata Paul Munster.

“Kami punya pertemuan dengan manajemen. Tapi, pertama manajemen memang harus melakukan sesuatu terkait kedisiplinan dalam situasi ini. Setelah itu, kita lihat kapan dia datang. Saya fokus pada pemain yang saya miliki sekarang,” imbuhnya.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari manajemen klub soal Toni Firmansyah. Tak ada keterangan apakah sang pemain tetap akan dimasukkan ke skuad untuk persaingan Liga 1.

Persebaya hanya punya waktu sepekan saja untuk persiapan akhir BRI Liga 1 2024/2025. Mereka dijadwalkan menjalani laga kandang dalam pekan pertama dengan menjamu PSS Sleman di Stadion GBT, Minggu (11/8/2024).  

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer