Sukses


Gustavo Franca Heboh Lihat Euforia Bobotoh Persib padahal Baru 10 Ribu Orang: Saya Suka!

Bola.com, Bandung - Bek anyar Persib Bandung, Gustavo Franca sangat terkesan dengan kehadiran ribuan bobotoh dalam laga perdana Persib vs PSBS Biak pada pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025, Jumat (9/8/2024) malam di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung.

Dalam laga tersebut, tercatat 10.494 bobotoh yang memadati stadion milik Pemerintah Kabupaten Bandung tersebut. Pihak panitia menyediakan sebanyak 20 ribu lembar tiket.

"Bagi saya ini luar bisa, benar-benar luar biasa. Sangat terkesan dengan keberadaan suporter dan saya suka ini," ungkap Gustavo Franca seusai pertandingan yang berakhir 4-1 untuk Persib.

Meski menang lawan PSBS Biak, Gustavo Franca mengakui bahwa laga tersebut berjalan tidak mudah. Namun yang lebih penting kata dia Persib bisa memulai BRI Liga 1 2024/2025 dengan raihan tiga poin.

"Kami tahu bahwa masih ada banyak hal untuk diperbaiki, tapi kami berada di jalur yang tepat, terus bekerja dan kami tahu memenangkan laga ini dengan tidak mudah," ucap Gustavo.

"Yang pasti kami harus terus berlatih lebih keras lagi agar bisa lebih siap menghadapi laga yang akan datang," tambah pemain Persib asal Brasil ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kemenangan Perdana

Dalam laga perdana ini, Persib menang 4-1. Empat gol Maung Bandung dicetak brace David da Silva, Ciro Alves, dan Beckham Putra Nugraha. Sedang gol satu-satunya Biak dilesakkan Alexsando dos Santos.

Pelatih Persib, Bojan Hodak mengakui lawan PSBS Biak memang menjadi laga yang sulit lantaran tim lawan diperkuat pemain-pemain yang bagus dan pada babak pertama berjalan dengan tempo yang cukup cepat.

"Secara keseluruhan kami sebenanya memiliki 3-4 peluang di awal tapi kami gagal mencetak gol. Kami hanya mencetak satu gol (babak pertama) dan seharusnya kami bisa menghasilkan lebih," ujar Bojan Hodak.

"Mereka bisa menguasai permainan di 15 menit awal babak kedua, kami terlalu mundur ke belakang. Tapi setelah ada pergantian pemain, kami bisa meningkatkan kembali tempo dan bisa mencetak tiga gol tambahan," pungkas Bojan.

3 dari 4 halaman

Umuh Senang

Sementara itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar sangat bersyukur Maung Bandung bisa mengawali kompetisi dengan kemenangan.

"Alhamdulillah kami bersyukur, laga perdana memang harus menang. Saat skor 2-1 pun saya percaya masih bisa menambah gol, Alhamdulillah bisa sampai 4-1," ungkap Umuh Muchtar.

Melihat permainan Maung Bandung, Umuh Muchtar memiliki harapan tim yang dibesut Bojan Hodak ini bisa lebih baik dari musim lalu. Apalagi pemain-pemain yang diturunkan diakui Umuh terlihat fisiknya sangat prima.

Walau demikian, Umuh tidak menampik jika aksi tim PSBS Biak sangat bagus, meski mereka merupakan tim promosi dari Liga 2. Terlebih beberapa diantaranya memang kata Umuh pemain yang berpengalaman dan berkualitas.

"Saya juga kaget, mereka begitu cepat tapi mereka masih kaget lawan Persib, mereka bingung cara menghadapi persib," imbuh pria berusia 76 tahun ini.

"Tapi ini modal kami untuk laga selanjutnya, di sana (kandang Dewa United) kita harus tetap lebih semangat dan tampil lebih percaya diri," lanjut Umuh Muchtar.

4 dari 4 halaman

Optimistis

Bahkan Umuh optimistis salah satu striker Persib bisa kembali menjadi top scorer musim ini seperti David da Silva musim lalu.

"Saya optimis dua-duanya bisa masuk topskorer lagi, apalagi saya tidak khawatir, ada Ciro Alves di kanan, mungkin bisa lebih baik, lawan juga kaget mungkin. Gol Ciro pun saya lihat terjadi di ruang sempit," ungkap Umuh.

Di sisi lain, Umuh mengaku kompetisi liga musim ini terlihat lebih bagus, salah satunya karena digunakannya VAR untuk membantu pengadil di lapangan dalam mengambil keputusan.

"Ya, lebih bagus, VAR bisa menentukan kalau ada kesalahan, di situ bisa terbuka, Alhamdulillah PSSI dan Liga lebih baik, wasit juga lebih baik," tutur Umuh.

"Dan seharusnya tidak perlu wasit asing, kalau ada niatan pakai wasit asing saya pikir tidak perlu lah, tandain saja mana wasit yang bagus tapi suka masuk angin misalnya," seloroh Umuh tersenyum sambil mengakhiri.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer