Sukses


Lama Cedera, Doan Van Hau Siap Berobat ke Luar Negeri Demi Hadapi Timnas Indonesia di Piala AFF 2024

Bola.com, Jakarta - Kondisi Doan Van Hau masih belum sepenuhnya fit dari cedera. Demi mempercepat proses penyembuhan, bek Timnas Vietnam itu rencananya bakal dikirim klubnya, CAHN FC untuk berobat ke luar negeri.

Kabar itu disampaikan media lokal Vietnam, Thanh Nien. "Van Hau bisa ke luar negeri untuk periksa kakinya, apakah bisa tepat waktu untuk Piala AFF 2024?". Begitu judul artikel yang dibuat media tersebut.

"Doan Van Hau berpacu dengan waktu untuk kembali, dan klub Polisi Hanoi (CAHN) juga mempertimbangkan untuk mengirimnya ke luar negeri untuk memeriksa kakinya jika perlu menjelang Piala AFF 2024," tulis Thanh Nien seperti dikutip pada Senin (12/8/2024).

"Saat ini, bek Doan Van Hau secara aktif melakukan pemulihan di pusat PVF, di bawah pengawasan ketat para dokter dan pakar CAHN Club di sini," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menepi Cukup Lama

Doan Van Hau menderita cedera tumit pada September 2023. Cedera yang diderita eks pemain SC Heerenveen itu cukup parah dan membuatnya menepi lama. Akibatnya, bek berusia 25 tahun itu harus absen di beberapa turnamen penting bersama Timnas Vietnam.

Kini setelah lebih dari 10 bulan menjalani pemulihan, kondisi Doan Van Hau berangsur membaik. Dia diharapkan comeback pada akhir bulan depan.

"Dokter diketahui menilai perkembangan kesembuhan Doan Van Hau cukup baik sesuai rencana. Diharapkan pada akhir Agustus ia sudah bisa berlatih ringan dengan bola dan pada September ia sudah bisa memakai sepatu untuk berlatih," kata Thanh Nien.

"Tentu tidak mudah bagi Doan Van Hau untuk mendapatkan kembali kekuatan fisik dan perasaan terbaiknya setelah sekian lama absen dari lapangan. Ia perlu berlatih selama beberapa bulan sebelum pelatih Mano Polking dan dokter memutuskan apakah siap bermain atau tidak," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Bisa Jadi Ancaman

Andai proses recovery yang dijalani Doan Van Hau berjalan sesuai rencana, dia bisa menjadi satu di antara ancaman bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2024. Kedua tim memang bakal saling bertemu pada fase grup turnamen itu.

Timnas Indonesia akan memulai kampanye pada babak penyisihan grup Piala AFF 2024 dengan bertandang ke markas Myanmar. Laga itu digelar di Thuwunna Stadium pada 10 Desember 2024. 

"Doan Van Hau adalah nama yang diingat para penggemarnya ketika Timnas Vietnam tidak bermain sukses di periode sebelumnya, terutama pada pertandingan yang dikalahkan Timnas Indonesia," sebut Thanh Nien.

"Ia sendiri juga sangat bertekad berpacu dengan waktu untuk kembali meski harapan tampil di Piala AFF 2024 masih menjadi tanda tanya."

"Namun yang pasti, fakta pemain kelahiran 1999 itu bisa mendapatkan kembali kondisi fisik terbaiknya dan menciptakan kembali citra bermain sepak bola yang kuat dalam jangka waktu yang lama adalah hal yang paling penting," paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Banyak Faktor

Lebih jauh, Thanh Nien menyebut meski Doan Van Hau akan kembali berlatih pada September mendatang, namun belum bisa dipastikan apakah bek kelahiran 19 April 1999 itu dapat bermain di V-League atau tidak. Sebab, hal itu tergantung banyak faktor karena riwayat cederanya.

"Hal ini menjadi masalah yang harus diselesaikan dengan hati-hati oleh CAHN Club agar bek kiri berbakat mereka dapat pulih dan sehat sepenuhnya, mencapai kondisi terbaik," terang Thanh Nien.

"Satu hal yang pasti, Van Hau akan kesulitan menjadi bagian dari Timnas Vietnam di FIFA Matchday pada September dan Oktober mendatang. Bahkan kemungkinan dirinya mengikuti pemusatan latihan di Korea pada akhir November nanti masih menjadi tanda tanya."

"Para pemimpin CAHN Club sedang mempertimbangkan pilihan untuk mengirim Van Hau melakukan pemeriksaan kesehatan di luar negeri atau di rumah sakit besar yang memiliki reputasi baik di Hanoi, jika perlu, untuk menilai tingkat kesembuhan secara akurat," pungkasnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer