Sukses


4 Fakta FCV Dender, Klub Anyar Ragnar Oratmangoen di Kasta Teratas Liga Belgia

Bola.com, Jakarta - Gelandang Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, resmi bergabung dengan F.C.V. Dender pada Selasa (13/8/2024) malam WIB. Berikut empat fakta klub yang berlaga di kasta teratas Liga Belgia tersebut.

Melalui keterangan resmi situs resmi Dender, Ragnar Oratmangoen akan memperkuat klub tersebut sampai 30 Juni 2026.

F.C.V. Dender tak perlu mengeluarkan dana untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 26 tahun tersebut. Pasalnya, kontrak Ragnar Oratmangoen yang berakhir pada 30 Juni 2024 tak diperpanjang klub Belanda, FC Groningen.

"Lahir pada 21 Januari 1998, Ragnar Oratmangoen adalah seorang gelandang keturunan Belanda-Indonesia yang memiliki banyak pengalaman," tulis keterangan Dender.

"Dia menerima pelatihan usia muda di Nijmegen, setelah itu dia pindah ke klub-klub seperti FC Oss, SC Cambuur, Go Ahead Eagles, FC Groningen dan Fortuna Sittard."

"Dia juga berstatus pemain Timnas Indonesia. Ragnar adalah seorang gelandang serbabisa, tetapi juga tahu bagaimana caranya bermain di kedua sisi lapangan. Selamat datang di keluarga FC Dender, Ragnar!" tambah keterangan tersebut.

Lantas, seperti apa profil F.C.V. Dender, klub anyar Ragnar Oratmangoen? Berikut ini empat faktanya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Klub Promosi

Pada musim lalu, klub yang terbentuk sejak 1935 tersebut berlaga di kasta kedua Liga Belgia, Challenger Pro League. Namun, mereka berhasil finis di urutan kedua klasemen akhir, dan meraih tiket promosi ke level teratas, Jupiler Pro League.

Selain F.C.V. Dender, klub lain yang berhasil promosi ke Jupiler Pro League musim ini adalah Beerschot yang merupakan juara Challenger Pro League, dan Lommel yang lolos lewat jalur playoff.

Meski baru naik ke kasta teratas, penampilan Dender pada awal musim 2024/2025 cukup oke. Mereka kini berada di urutan kedua klasemen sementara Jupiler Pro League dengan nilai tujuh hasil dari tiga laga, tertinggal dua poin dari Westerlo di posisi teratas.

 

3 dari 5 halaman

Menanti 16 Tahun

Berhasil meraih tiket berlaga ke Jupiler Pro League musim ini, F.C.V. Dender menyudahi penantian selama 16 tahun. Terakhir kali mereka tampil di Pro League adalah pada musim 2008/2009.

Setelah terlempar ke kasta kedua, Dender kesulitan untuk bisa kembali ke level teratas. Bahkan, mereka sempat tampil di Eerste klasse amateurs, atau divisi ketiga Liga Belgia pada musim 2016 sampai 2022.

 

4 dari 5 halaman

Gaet 10 Pemain

Demi bisa bersaing di papan atas Jupiler Pro League musim ini, F.C.V. Dender menggaet 10 pemain pada bursa transfer musim panas tahun ini. Satu dari 10 pemain anyar Dender adalah Ragnar Oratmangoen.

Malcolm Viltard merupakan rekrutan termahal F.C.V. Dender. Malcolm ditebus Dender dari FC Sochaux dengan nilai transfer yang mencapai 250 ribu euro.

 

5 dari 5 halaman

Dimiliki Pengusaha Indonesia

F.C.V. Dender ternyata klub yang dimiliki pengusaha asal Indonesia, Sihar Sitorus. Pria berusia 56 tahun tersebut mengakuisisi saham mayoritas Dender pada 2018 lalu.

Ketika itu, klub yang terletak di Denderleeuw yang terletak di provinsi Flanders Timur tersebut masih berkutat di kasta ketiga Liga Belanda.

Selain F.C.V. Dender, Sihar Sitorus yang juga anggota DPR-RI periode 2019-2024 tersebut juga memiliki klub Medan United, Medan Chiefs, Pro Duta FC, dan Nusaina FC. Dia juga pernah memimpin PSMS Medan.

Video Populer

Foto Populer