Sukses


Jordi Amat Absen saat Timnas Indonesia Vs Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa Bakal Jadi Pengganti?

Bola.com, Jakarta - Jordi Amat dipastikan absen saat Timnas Indonesia bersua Arab Saudi pada putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski tak diperkuat Jordi, Tim Garuda masih memiliki sosok pengganti ideal untuk menghuni pos di lini belakang.

Pemain berusia 32 tahun tersebut mendapat kartu merah ketika Timnas Indonesia menyerah 0-2 dari Irak, pada laga kelima putaran kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 6 Juni lalu.

Akibat sanksi tersebut, Jordi Amat tak bisa membela Timnas Indonesia dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia sudah menjalani hukuman satu laga, yakni ketika Tim Garuda menang 2-0 atas Filipina, pada partai terakhir Grup F di SUGBK, 11 Juni lalu.

Kini, Jordi Amat hanya menyisakan satu sanksi lagi, yakni duel melawan Arab Saudi pada laga pembuka putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Rencananya, Timnas Indonesia akan bersua Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, 5 September 2024.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Siapa Gantikan Jordi Amat?

Meski Jordi Amat absen, pelatih Tim Garuda, Shin Tae-yong, diyakini tak akan kesulitan mencari pengganti ideal untuk menghuni pos di lini belakang. Pelatih asal Korea Selatan tersebut masih memiliki Jay Idzes dan Rizky Ridho untuk berduet di jantung pertahanan.

Keduanya pun telah bekerja sama ketika Timnas Indonesia dua kali berhadapan dengan Vietnam dan bentrok dengan Filipina, pada putaran kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hasilnya, Tim Merah-Putih berhasil meraih tiga kemenangan dan tak kebobolan. Selain Jay Idzes dan Rizky Ridho, Timnas Indonesia mempunyai Justin Hubner serta Muhammad Ferarri yang bisa ditempatkan sebagai pemain bertahan.

 

3 dari 3 halaman

Elkan Baggott Kembali Dipanggil?

Satu nama lain yang bisa menjadi solusi untuk menggantikan peran Jordi Amat adalah Elkan Baggott. Namun, pemain berusia 21 tahun tersebut tidak masuk skuad Timnas Indonesia dalam dua partai terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong tidak menyertakannya diduga buntut mangkirnya Elkan Baggott ketika Timnas U-23 membutuhkannya dalam play-off Olimpiade 2024 pada Mei 2024.

Pada akhir Mei 2024, Shin Tae-yong seolah sudah lelah menjawab situasi Elkan Baggott. "Masalah Elkan Baggott, mungkin langsung ditanyakan saja kepada Baggott, mungkin Baggott yang lebih tahu," ucapnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer