Sukses


BRI Liga 1: Jadi Starter, Pemain Muda Persebaya Ini Sadar Masih Perlu Banyak Perbaikan

Bola.com, Surabaya - Ada satu nama yang mencuri perhatian saat Persebaya Surabaya menjalani laga pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025. Ada winger muda Alfan Suaib yang dimainkan sejak menit pertama melawan PSS Sleman (11/8/2024).

Itu jadi kali pertama bagi Alfan tampil sebagai starter bersama Persebaya di Liga 1 mengingat musim lalu selalu jadi pengganti. Penyebabnya adalah Malik Risaldi mengalami cedera sehingga Alfan yang diberi kesempatan sejak menit pertama.

Kesempatan itu dimaksimalkan Alfan dengan baik. Bermain sepanjang 45 menit, ia benar-benar merepotkan barisan pertahanan PSS. Komentator di Indosiar yang menayangkan langsung laga, beberapa kali memberikan pujian khusus pada pemain kelahiran Ternate itu.

Alfan main ngotot mencoba mengeksplorasi sisi sayap kanan. Namun, dia mendapat adangan yang tak mudah dari bek kiri PSS, Abduh Lestaluhu, yang kebetulan juga berasal dari Ternate.

“Ya, agak kesulitan. Ini pertama kalinya saya bermain di Liga 1 seperti ini, jadi masih ada rasa grogi,” kata Alfan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pemain Persebaya U-20

Alfan sebenarnya adalah pemain Persebaya U-20. Musim lalu dia masih bermain di kategori itu. Namun, karena penampilannya yang impresif, dia dipromosikan ke tim senior.

Sesuai regulasi Elite Pro Academy (EPA), pemain junior bisa dimasukkan ke tim senior selama musim berjalan sehingga Alfan mendapat kesempatan promosi.

Musim lalu, Alfan tampil dalam tiga pertandingan dan semuanya dilakoni sebagai pemain pengganti. Total, dia hanya membukukan 30 menit bermain.

Hal itu berbeda dengan mengawali musim ini yang jadi starter. Dia tampil selama 45 menit babak pertama dan baru diganti di awal babak kedua. Belum ada kontribusi yang ditorehkannya, namun ini tentu menambah kepercayaan dirinya.

Menurut Alfan, keluarga besarnya di kampung halaman, Ternate, nonton bareng laga Persebaya melawan PSS kemarin. Itu menjadi motivasi tambahan padanya.

“Alhamdulillah keluarga di rumah semua nonton waktu saya masuk lapangan sebagai starter. Saya tidak akan berpuas di sini, karena pertandingan kemarin masih belum puas. Masih banyak yang harus saya perbaiki, dan saya akan berjuang keras untuk itu,” ucapnya.

 

3 dari 4 halaman

Laga Spesial Vs Malut United

Kini, Persebaya akan menghadapi Malut United dalam pekan kedua di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (16/8/2024). Kebetulan, tim yang akan dihadapi itu berasal dari kampung halamannya, Ternate.

Alfan pun selalu mendengar dan menaati arahan dan evaluasi pelatih. Dia sadar, sebagai pemain muda masih melakukan banyak kesalahan di lapangan. Kesalahan itu ia jadikan pelajaran, dan dilakukan perbaikan.

“Saya baru sekali starter di Liga 1, ke depan harus berjuang lebih keras lagi, untuk membantu Persebaya meraih hasil maksimal. Pelatih bilang, saya harus lebih meningkatkan penyelesaian akhir,” ujar pemain berusia 20 tahun itu.

Selama pramusim lalu, Alfan memang menunjukkan perkembangan pesat bersama Persebaya. Dia berpotensi menjadi wonderkid baru Bajul Ijo di Liga 1 musim ini.

Posisi asli Alfan adalah winger kanan, posisi dengan persaingan cukup ketat di Persebaya mengingat ada pula Malik Risaldi dan Kasim Botan. Alfan harus bersaing keras dengan mereka untuk mendapatkan menit bermain yang banyak.

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer