Sukses


Gambaran Starting XI Terbaik Timnas Indonesia U-20 pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Bola.com, Jakarta - Persiapan demi menggapai hasil maksimal terus digeber tim pelatih Timnas Indonesia U-20 yang dikomandoi Indra Sjafri. Tim Garuda Muda akan tampil pada Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Indonesia, dari 25 hingga 29 September 2024.

Berada di Grup F, Timnas Indonesia U-20 akan bersaing dengan tiga rival, yakni Yaman, Timor Leste, dan Maladewa. Tim Garuda Muda akan lebih dulu melawan Maladewa pada 25 September.

Lalu dua hari berselang, Timnas Indonesia U-20 akan bentrok kontra Timor Leste, dan terakhir bersua Yaman pada 29 September 2024.

Sejauh ini, Timnas Indonesia baru sekali mencicipi legitnya gelar juara Piala Asia U-20. Itu tersaji pada 1961, di mana saat itu Tim Garuda Muda menjadi juara bersama Myanmar setelah keduanya bermain imbang 0-0 pada partai final. Kala itu belum ada istilah adu penalti seperti saat ini.

Lama tak menjadi juara Timnas Indonesia U-20 mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Namun, Tim Merah-Putih harus lebih dulu meraih tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Panggil 32 Pemain

Sebanyak 32 pemain telah dipanggil guna mengikuti pemusatan pelatihan (TC) Timnas Indonesia U-20 di Jakarta, 11 hingga 18 Agustus, serta di Korea Selatan dari 19 Agustus sampai 2 September 2024.

Dari sejumlah nama yang dipanggil, beberapa di antaranya merupakan pemain Timnas Indonesia U-19 yang beberapa waktu lalu sukses menggondol trofi Piala AFF U-19 2024. Mulai dari Ikram Algiffari, Kadek Arel Priyatna, M Iqbal Gwijangge, Dony Tri Pamungkas, serta Arkhan Kaka.

"Pemain-pemain ini adalah gabungan antara pemain yang bermain di Piala AFF U-19 kemarin, ditambah beberapa pemain yang sudah pernah ikut TC sebelum AFF dimulai," kata Indra Sjafri dikutip dari laman resmi PSSI.

 

3 dari 5 halaman

Jens Raven dan Welber Jardim Absen

Hanya saja, dua nama beken lainnya, Jens Raven dan Welber Jardim, tak ada dalam daftar pemain yang ikut TC. Jens Raven kembali ke klubnya, Dordrecht U-21, Belanda. Begitu juga dengan Welber Jardim sudah terbang ke Brasil untuk kembali berlatih bersama Sao Paulo Junior.

Meski tak ikut TC, Indra Sjafri memastikan kalau Jens Raven dan Welber Jardim akan mendapat tempat di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. "TC tidak ada, tapi untuk Piala Asia pasti ada," ujar Indra Sjafri.

Manarik untuk menanti, apakah Timnas Indonesia U-20 bisa menorehkan prestasi kali ini. Kebangkitan Timnas Indonesia di level kelompok umur dan senior setidaknya berdampak positif bagi Timnas Indonesia U-20.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 yang juga ditukangi Indra Sjafri tampil sebagai juara di Piala AFF U-19 2024. Torehan bersejarah ini melengkapi pencapaian Timnas Indonesia U-23 yang berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

 

4 dari 5 halaman

Langganan Starter Timnas Indonesia U-19

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong juga melanjutkan perjuangan di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dari materi pemain, Timnas Indonesia U-20 tak kalah mumpuni di semua lini. Banyaknya amunisi muda berbakat membuat Jens Raven dan kawan-kawan dipastikan bisa bersaing menuju singgasana juara.

Besar kemungkinan, untuk mengisi starting XI Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri sepertinya masih menurunkan langganan starter di pentas Piala AFF U-19 2024 beberapa waktu lalu. Siapa saja?

 

5 dari 5 halaman

Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia

Kiper: Ikram Algiffari

Bek: Alfharezzi Buffon, Kadek Arel, Iqbal Gwijangge

Tengah: Mufli Hidayat, Dony Tri Pamungkas, Welber Jardim, Kafiatur Rizky

Depan: Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven

Video Populer

Foto Populer