Sukses


Cerita Shin Tae-yong yang Memperlakukan Pemain Asuhannya di Timnas Indonesia Layaknya Adik

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sampai saat ini masih belum lancar berbahasa Indonesia. Shin baru bisa memahami kata-kata penting saja.

Shin Tae-yong selama ini dibantu beberapa interpreter. Ada yang khusus berbicara Bahasa Indonesia, ada juga yang khusus membantu Shin dalam Bahasa Inggris.

Shin Tae-yong pun memiliki cara tersendiri ketika mencoba mendekati skuad asuhannya yang mayoritas berbahasa Indonesia. Shin memperlakukan Rafael Struick dan kawan-kawan layaknya adik.

"Karena saya tidak bisa berbahasa Indonesia saya mendekati pemain itu seperti adik saya," ungkap Shin Tae-yong di KBS World Indonesian.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Banyak Bercanda

Shin Tae-yong memang dikenal doyan bercanda kepada anak asuhannya. Meski Shin juga kerap marah jika memang harus marah.

Dalam beberapa kesempatan, Shin Tae-yong bahkan kerap bercanda menggunakan kontak fisik dengan para pemain Timnas Indonesia.

"Saya bercanda dan bermain-main dengan mereka banyak kontak fisik seperti mencubit bulu telinga, mencubit, menusuk mata. Meski itu kelihatannya kasar, pemain justru suka ketika saya bercanda dengan mereka," jelas Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Terima Kasih Marselino

Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih kepada gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Pemain berusia 19 tahun itu memiliki karakter yang menarik menurut Shin.

Marselino Ferdinan memang kerap dimarahi oleh Shin Tae-yong. Namun, eks pemain Persebaya Surabaya itu juga selalu bisa mencarikan suasana di skuad Timnas Indonesia.

"Bahkan kami menari tarian bulgogi bersama di lapangan, sangat lucu, terutama Marselino. Meski saya sering saya marahi dia selalu bisa membuat suasana menjadi ceria. Saya berterima kasih untuk itu," tandas Shin Tae-yong.

Sumber: KBS World Indonesian

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer