Sukses


Melihat Lagi Jejak Elkan Baggott: Panjang Sabar ke Premier League, Banyak yang Kangen Main di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta Elkan Baggott harus panjang sabar. Mimpinya untuk unjuk aksi di Premier League 2024/2025 kembali belum bisa terwujud.

Bek Timnas Indonesia itu lagi-lagi "terbuang" atau tak masuk rencana manajemen Ipswich Town di kasta tertinggi Inggris musim ini.

Seperti musim-musim sebelumnya, Elkan Baggott lagi-lagi dipinjamkan dan kali ini kepada Blackpool FC, tim yang bermain di kasta ketiga Liga Inggris.

Elkan Baggott bergabung dengan Ipswich Town pada 2020. Hanya saja, persaingan ketat di lini belakang membuat kelahiraan Bangkok, Thailand, 23 October 2002 harus menjalani peminjaman ke sejumlah tim yakni King's Lynn Town, Gillingham, Cheltenham Town, Bristol Rovers, dan kini Blackpool FC.

Musim lalu, disaat Ipswich Town bersiap menyambut musim baru menyusul keberhasilan mereka promosi ke kasta tertinggi, Elkan Baggott tentunya berharap ia masuk skuad besutan Kieran McKenna.

Namun Elkan Baggott kembali hanya bisa mengurut dada karena sang pelatih lebih memilih pemain bertahan lain ketimbang dirinya.

Padahal, Elkan Baggott berharap ia bisa mendapat kesempatan merasakan atmosfer Premier League yang nota bene merupakan kompetisi paling sengit di bawah kolong langit.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bersabar

Jika saja terwujud, maka bisa dipastikan Elkan Baggott menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Premier League, seperti halnya Jay Idzes di Serie A, Italia, bersama Venezia FC.

Elkan Baggott dan Jay Idzes sama-sama pemain bertahan andalan Timnas Indonesia. Kontribusi keduanya bagi kebangkitan Timnas Indonesia dalam dua tahun terakhir sangat besar.

Hanya saja, di klubnya masing-masing, keduanya punya nasib berbeda. Jay Idzes bisa dibilang pemain kunci dan sosok yang berjasa membawa Venezia FC promosi ke Serie A 2024/2025.

Sejak diangkut dari Go Ahead Eagles, Belanda, pada 2023, performa tukang tebas bernaluri gol tinggi itu terus berkembang. Kisah sukses Jay Idzes bersama Venezia FC membuat pemain 24 tahun masuk bidikan sejumlah klub peminat. Tapi Bay Jay memilih setia alias tak ingin hengkang ke lain hati.

3 dari 5 halaman

Kembali Disekolahkan

Kembali ke Elkan Baggott, besar kemungkinan ia harus lebih bersabar untuk menorehkan sejarah di Premier League. Selain persaingan yang memang sangat ketat, kualitas dan mental bertanding Elkan Baggott bisa jadi masih belum masuk hitungan pelatih.

Oleh karena itulah, Ipswich Town memilih kembali memimjamkan Elkan Baggott dengan tujuan agar sang pemain punya banyak menit bermain sekaligus mengasah mental serta kemampuan yang membuatnya lebih percaya diri.

Kieran McKenna tak menampik, anak asuhnya merupakan bek muda potensial yang butuh jam terbang maupun pengalaman.

"Peminjaman bertujuan untuk menambah pengalaman dan pengembangan kualitas yang ia miliki," kata Kieran McKenna, dilansir TWTD pekan silam.

4 dari 5 halaman

Home Grown

Hal lain yang ikut menjegal Elkan Baggott adalah soal aturan di Premier League. Disebutkan, pemain asing baru bisa tampil di kasta tertinggi Inggris jika peringkat FIFA negaranya paling rendah 70.

Sementara, pembaruan peringkat FIFA pada 18 Juli 2024, Timnas Indonesia bercokol di posisi ke-133.

Elkan tertolong karena telah mengantongi status home grown Liga Inggris.

Elkan Baggott sempat digosipkan merapat ke Old Trafford, menyusul keinginan Manchester United yang ingin memakai jasa si jangkung 196 cm. Tapi isu tersebut hilang begitu saja seiring dengan berjalannya waktu.

Besok atau lusa, rakyat Indonesia masih terus menanti kabar baik dari Elkan Baggott, terkait mimpi besarnya untuk tampil di Premier League.

 

5 dari 5 halaman

Kiprah di Blackpool, Banyak yang Kangen

Elkan Baggott kini membela Blackpool, klub League One atau kasta ketiga dalam piramida Liga Inggris.

Dalam pertandingan terbaru, Baggott menjadi starter.

Di sisi lain, Baggott juga masih terus dinanti untuk kembali membela Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong kembali tak memasukkan namanya dalam daftar skuad untuk ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer