Sukses


Persaingan Pos Penjaga Gawang Timnas Indonesia Makin Sengit, Maarten Paes dan Ernando Ari Berebut Peran Kiper Utama

Bola.com, Jakarta - Persaingan posisi penjaga gawang di Timnas Indonesia semakin sengit. Maarten Paes dan Ernando Ari bakal memperlihatkan kemampuan terbaiknya, agar dipercaya pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi kiper utama Tim Garuda.

Sejak resmi menjadi WNI pada 30 April 2024, Maarten Paes tak kunjung membela Timnas Indonesia pada laga internasional.

FIFA sempat menolak perpindahan asosiasi pemain berusia 26 tahun tersebut dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Pasalnya, Maarten Paes pernah membela Timnas Belanda U-21 saat berusia 22 tahun.

PSSI lantas mengajukan banding terkait keputusan FIFA tersebut. Sidang banding telah berlangsung pada 15 Agustus lalu, dan hasilnya diumumkan pada Senin (18/8/2024).

Lewat akun Instagram pribadinya, Ketua PSSI, Erick Thohir, menyebut Maarten Paes sudah sah dan bisa didaftarkan untuk membela Tim Garuda. Dengan adanya keputusan tersebut, Paes berpeluang membela Timnas Indonesia pada laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif," tulis Erick Thohir

"Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili Timnas Indonesia," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Persaingan Makin Sengit

Kehadiran Maarten Paes membuat persaingan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia semakin sengit. Ernando Ari yang selama ini menjadi pilihan utama bisa tergeser.

Saat ini, Ernando merupakan satu di antara kiper terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia. Namun, Maarten Paes berada pada level yang berbeda.

Paes berpengalaman bermain di level atas sepak bola baik di Eropa maupun di Amerika Serikat. Penampilannya di MLS 2024 bersama FC Dallas juga menarik perhatian.

Maarten Paes terus menjadi andalan klub itu dengan banyak penyelamatan yang terus dilakukan. Kiper berdarah Indonesia-Belanda tersebut juga nyaman bermain menggunakan kakinya, sesuatu yang sangat diidamkan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

 

3 dari 5 halaman

Satu Tempat untuk Adi Satryo

Datangnya Maarten Paes otomatis membuat posisi Ernando Ari sebagai kiper utama Timnas Indonesia akan tergusur. Kiper Persebaya Surabaya itu dipastikan akan menjadi kiper kedua Tim Garuda.

Sementara di posisi penjaga gawang ketiga diperkirakan akan menjadi milik dari Muhammad Adi Satryo. Selama ini Adi selalu menjadi deputi bagi Ernando Ari.

Adi Satryo pun tampil apik ketika dipercaya oleh Shin Tae-yong. Terutama saat Ernando Ari harus absen karena cedera atau akumulasi kartu.

 

4 dari 5 halaman

Tak Ciut

Meski bakal bersaing dengan Maarten Paes dalam memperebutkan posisi kiper nomor satu Timnas Indonesia, Ernando Ari mengaku tak ciut nyali. Ernando justru mengaku tak sabar menyerap banyak ilmu dari Paes.

"Tadi saya ketemu Nando, dia nanya 'kapan Paes masuk'. saya tanya ke dia apa enggak takut tersaingi. Katanya 'aku enggak takut pak'," ungkap anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, dalam acara Diskusi Refleksi 94 Tahun PSSI di GBK Arena, Jakarta, 11 Mei lalu.

"Aku malah mau belajar, aku senang banget dia chat aku' dia bilang begitu," lanjut Arya.

 

5 dari 5 halaman

Lawan Arab Saudi dan Australia

Rencananya, Timnas Indonesia akan lebih dulu menantang tuan rumah Timnas Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada laga perdana Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 5 September 2024.

Lima hari berselang, Tim Garuda bakal bertindak sebagai tuan rumah untuk meladeni perlawanan Timnas Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

"Dengan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia serta cita-citanya untuk memberikan dampak positif terhadap sepak bola Indonesia," lanjut Erick Thohir.

"Kami yakin bahwa bergabungnya Maarten akan memperkuat Timnas Indonesia, terutama dalam menghadapi putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," imbuhnya.

Lantas, siapa yang bakal dipercaya pelatih Shin Tae-yong untuk menempati pos di bawah mistar gawang Timnas Indonesia? Layak untuk dinantikan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer