Sukses


Deretan Fakta Maarten Paes: Salah Satu Kiper Terbaik di MLS, Layak Bela Timnas Indonesia Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Kabar gembira menghampiri Timnas Indonesia. Maarten Paes sudah mendapat lampu hijau untuk bisa tampil memperkuat tim Merah-putih di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ketua PSSI, Erick Thohir, mengabarkan bahwa Maarten Paes sudah bisa membela Timnas Indonesia. Kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak April 2024.

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif," ujar Erick Thohir lewat akun Instagramnya, @erickthohir, pada Minggu (18/8/2024).

"Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili Timnas Indonesia," ungkap Erick Thohir.

Maarten Paes sempat terganjal perpindahan federasi dari Asosiasi Sepak Bola Belanda ke PSSI. Sebab, penjaga gawang berusia 26 tahun ini pernah membela Timnas Belanda U-21.

Dengan begini, Maarten Paes sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mulai September 2024.

"Kami menyambut kedatangannya dengan tangan terbuka dan menanti Timnas Indonesia meraih performa yang lebih baik," papar Erick Thohir.

Banyak yang berpendapat bahwa Maarten Paes memang layak berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia karena kualitas dan jam terbangnya.

Berikut ini sejumlah pencapaian yang sudah dilakukan Maarten Paes sebelum resmi membela Timnas Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bikin Messi Garuk-garuk Kepala

Pada 23 Januari lalu, FC Dallas mendapatkan kesempatan menarik. Mereka berkesempatan menghadapi Inter Miami dalam laga uji coba.

Maarten Paes dimainkan sebagai starter pada laga itu. Hebatnya, Paes mampu mencatatkan nirbobol pada laga itu.

Lionel Messi yang jadi bintang Inter Miami sampai dibuatnya garuk-garuk kepala karena gagal mencetak gol ke gawang Paes.

3 dari 6 halaman

Jadi Andalan Tim Muda Belanda

Maarten Paes memiliki talenta yang baik sebagai penjaga gawang. Paes pun sudah menjadi langganan Timnas Belanda di level kelompok umur.

Beberapa bintang Belanda era kini sempat berada satu tim dengan Maarten Paes. Sebut saja Justin Kluivert, Cody Gakpo, dan Danilho Doekhi.

4 dari 6 halaman

Masuk MLS All-stars

Major League Soccer atau MLS merilis daftar 30 pemain terbaik mereka untuk tahhun 2024 yang bakal tergabung di tim MLS All-Stars bulan Juli kemarin.

Nantinya MLS All-Stars akan bersua MX All-Stars pada 25 Juli pukul 07.00 WIB di Lower.com Field.Menariknya pada daftar yang dirilis hari Selasa (01/07/2024) dini hari WIB, MLS memilih nama kiper yang sudah menjalani sumpah WNI, Maarten Paes.

Maarten Paes yang memperkuat FC Dallas terpilih bersama dua kiper lainnya Hugo Lloris dan Roman Burki.

Saat itu Maarten Paes masuk rencana menjadi rekan setim Jordi Alba, Sergio Busquets, Luis Suarez sampai Lionel Messi di skuad MLS All-Stars.

5 dari 6 halaman

Gemilang Bersama FC Dallas

Maarten Paes, kembali beraksi bersama FC Dallas di musim 2024. Paes berhasil mengukir clean sheet dan sukses membawa timnya membungkam LA Galaxy pada lanjutan Major League Soccer 2024 masih di bulan Juli kemarin.

Pertandingan yang digelar di markas FC Dallas, Toyota Stadium, Minggu (14/7/2024) siang WIB itu dimenangkan Maarten Paes dan kawan-kawan dengan skor meyakinkan 2-0.

FC Dallas untuk sementara berada di peringkat ke-11 dengan nilai 30 dari 25 pertandingan di papan klasemen MLS 2024 wilayah barat.

6 dari 6 halaman

Didekati Klub Serie A

Klub Liga Italia Serie A, Empoli sempat menaruh hati pada Maarten Paes pada jendela transfer musim panas ini. Ia didekati Empoli dengan opsi peminjaman dan kemungkinan permanen di akhir musim.

Namun peluang Maarten Paes mengecil untuk berkarier di Serie A. Calon kiper Timnas Indonesia itu dikabarkan tidak dilepas oleh klub Liga Amerika Serikat (MLS), FC Dallas.

Maarten Paes disebut-sebut sedang diincar Empoli. Dia diproyeksikan untuk menjadi kiper utama tim berjulukan Gli Azzurri tersebut untuk musim depan.

Pada bursa transfer musim panas 2024, Empoli kehilangan tiga kipernya. Ketiganya adalah Etrit Berisha, Elia Caprile, dan Lovro Stubljar.

Video Populer

Foto Populer