Sukses


Maarten Paes: Saya Terhormat Dapat Bergabung dengan Timnas Indonesia, Sampai Jumpa pada September 2024

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes harus menunggu hingga empat bulan untuk dapat sah membela Timnas Indonesia setelah menuntaskan naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada April 2024.

Perpindahan federasi Maarten Paes dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI sempat terganjal Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi Statuta FIFA Pasal ke-9.

Sebelumnya, Maarten Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21. Penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia U-21 dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Temukan Celah

Pada awal Juni 2024, Erick Thohir selaku Ketua PSSI menemukan celah dalam kasus Maarten Paes untuk bisa memenangkan sengketa.

Erick Thohir menganggap Maarten Paes seharusnya bermain untuk Belanda U-21 pada Maret 2020 ketika usianya belum genap 22 tahun. Namun, pandemi COVID-19 memaksa beberapa pertandingan Kualifikasi Euro U-21 2021 untuk diundur.

Pada akhir Juli 2024, Sekjen PSSI, Yunus Nusi membocorkan bahwa Maarten Paes dijadwalkan menjalani sidang pada 15 Agustus 2024 dan hasilnya diputuskan tiga hari berselang.

3 dari 4 halaman

Ungkapan Maarten Paes

Namun, Yunus Nusi tidak mengungkapkan sidang apa yang dimaksud, apakah sidang FIFA atau Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Pada Minggu (18/8/2024), Erick Thohir mengumumkan bahwa Maarten Paes sudah legal untuk bermain bersama Timnas Indonesia, dengan debutnya dapat terjadi di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada September 2024.

"Merasa terhormat dapat bergabung dengan Timnas Indonesia. Sampai jumpa pada September 2024," ujar Maarten Paes dalam akun Xnya, @MaartenPaes30, Minggu (18/8/2024).

4 dari 4 halaman

Peluang Debut

Dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia akan lebih dulu bertandang ke King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, untuk menantang tuan rumah Timnas Arab Saudi pada 5 September 2024.

Lima hari berselang, tim berjulukan Garuda ini bakal bertindak sebagai tuan rumah untuk meladeni perlawanan Timnas Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Video Populer

Foto Populer