Sukses


Mengulas Statistik Maarten Paes, Layak Jadi Penjaga Gawang Nomor 1 di Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Plong! Kabar menggembirakan itu akhirnya datang juga. Maarten Paes, kiper yang ditunggu-tunggu itu kini bisa memperkuat Timnas Indonesia. Tim Garuda kian percaya diri.

Kepastian Maarten Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia disampaikan Ketum PSSI, Erick Thohir, hanya sehari setelah rakyat Indonesia merayakan HUT ke-79 Republik Indonesia, Minggu (18/8/2024).

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia," tulis Erick Thohir di akun Instagram.

Maarten Paes menambah sangar Timnas Indonesia yang dalam beberapa saat lagi akan melakoni sederet laga di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 5 September mendatang.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Disiapkan Lawan Arab Saudi

Arab Saudi menjadi lawan pertama, dimana mesin perang Shin Tae-yong akan beranjangsana ke King Abdullah Sport City. Di stadion megah itu, Jay Idzes dan kawan-kawan siap lahir bathin melumat Green Falcons besutan Roberto Mancini.

Tak hanya mengincar kemenangan dari Arab Saudi, Timnas Indonesia juga bernazar menggebuk Jepang, China, Australia, dan Bahrain guna mewujudkan mimpi panjang tampil di putaran final Piala Dunia 2026.

Maarten Paes membuat Indonesia semakin percaya diri, mengingat penjaga gawang berusia 26 tahun kepunyaan FC Dallas, Amerika Serikat, sosok nan sarat pengalaman di level atas.

3 dari 5 halaman

Moncer di MLS

FC Dallas mengangkutnya dari Jong Utrecht, Belanda, pada Januari 2022 dan sejauh ini sudah hadir dalam 87 laga di semua ajang kompetisi.

Di MLS, Maarten Paes punya pahatan mengilap. Dalam tiga musim, total ia mencatatkan 20 clean sheet dengan persentase penyelamatan 73,7 persen. Maarten Paes juga banjir sanjugan karena sejauh ini sudah melakukan penyemalatan gemilang sebanyak 85 kali. Tak hanya itu, akurasi umpan panjangnya mencapai 35,67 persen.

Awalnya, ia hanya berstatus pemain pinjaman. Namun karena performanya terus meroket, FC Dallas tak mau kehilangan kiper berbakat itu dengan cara mengganjarnya dengan kontrak permanen.

4 dari 5 halaman

Pernah Ikut Timnas Muda Belanda

Sebelum memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Juli 2024, si jangkung kelahiran 14 Mei 1998 tercatat sebagai pemain Timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21.

Maarten Paes sendiri mengaku sudah tak sabar tampil di bawah panji-panji kebesaran Merah Putih. Ia berjanji tak akan mengecewakan rakyat Indonesia, teristimewa fans setia Tim Garuda.

"Kita ciptakan kenangan indah bersama," dilansir Instagram Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Bawah Mistar

Kenangan indah yang dimaksud Maarten Paes pastinya terkait perjuangan Timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi nanti. Maarten Paes sepertinya merasa optimistis dan hakulyakin kalau kehadirannya bakal mendatangkan tuah bagi misi suci Timnas Indonesia ke pentas balbalan terakbar.

Plus Maarten Paes, Shin Tae-yong kini punya dua kiper super tokcer. Sebelumnya, adalah Ernando Ari yang berdiri tangguh di bawah mistar.

Spiderman kebangaan Bonek Persebaya Surabaya yang masih berusia 22 tahun merupakan protagonis di balik kedigdayaan Timnas Indonesia hingga mampu melaju jauh ke ronde ketiga.

Maarten Paes, juga Ernando Ari, bersama pemain-pemain Timnas Indonesia lainnya kini maju tak gentar menantang semua lawan-lawannya di Grup C. Plong!

Video Populer

Foto Populer