Sukses


Cerita Jens Raven, Belajar dari Sang Ayah yang Pernah Jadi Rekan Setim Clarence Seedorf

Bola.com, Jakarta - Sosok Jens Raven yang membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2024 dinilai memiliki masa depan cerah. Ini juga tidak lepas dari sang ayah, Bjorn Raven, yang juga merupakan mantan pemain sepak bola.

Jens Raven mengaku mendapat didikan dari sang ayah untuk meniti karier sebagai pesepak bola. Apalagi, ayahnya rupanya juga pernah membela Timnas Belanda kelompok usia, meski akhirnya berkarier bersama klub-klub kecil di Belanda.

“Sejak saya masih muda, saya selalu berlatih dengannya. Dia juga bermain untuk untuk tim nasional Belanda. Saya bertukar cerita dengannya, dan dia selalu mendapat masukan yang bagus dariku,” kata Jens Raven.

Ayah dari pemain naturalisasi Timnas Indonesia ini merupakan mantan pemain klub ADO Den Haag yang juga pernah satu tim dengan legenda AC Milan dan Real Madrid, Clarence Seedorf.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Belajar dari Ayah

Bjorn Raven yang merupakan ayah dari Jens Raven ini merupakan mantan pemain sepakbola yang lahir di kota Den Haag, 6 September pada 48 tahun silam. Bjorn mengawali kariernya sebagai bagian dari akademi SV Duinoord, RVC Rijswijk, Excelsior Maassluis, hingga ke PSV Eindhoven.

Namun, setelah bermain di level U-19 dan U-21 di FC Eindhoven, Bjorn Ravens lebih banyak membela tim-tim kecil Liga Belanda. Di antaranya, ada FC Zwolle, Katwijk, FC Dordrecht, SCheveningen, Excelsior M, dan Wilhelmus. Lalu, dia akhirnya memutuskan pensiun pada 2004.

Kendati banyak membela tim kecil, Bjorn Ravens juga sempat mencicipi bermain di Timnas Belanda U-15. Bahkan, ia satu angkatan dengan legenda AC Milan dan juga Real Madrid, Clarence Seedorf.

Di Timnas Belanda U-15 tersebut, Bjorn Raven dan Clarence Seedorf menjadi tumpuan penyerangan Van Oranje. Bjorn menjadi striker, sedangkan Seedorf menjadi pemain sayap.

“Jadi, aku belajar banyak darinya. Ya, dia orang yang disiplin. Banyak diskusi dengan ayah saya. Saya anak baik,” ungkap Jens Raven.

3 dari 4 halaman

Pembuktian

Jens Raven sudah membuktikan tampil baik bersama Timnas Indonesia U-19. Striker berusia 18 tahun itu memberi kontribusi empat gol dan dua assist dalam ajang tersebut.

Hal ini membuatnya disebut layak untuk membela Timnas Indonesia senior yang akan menjalani putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Kans untuk promosi ke Timnas Indonesia senior tentu masih terbuka.

4 dari 4 halaman

Agenda Timnas

Timnas Indonesia sendiri akan menjalani putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 mulai September 2024. Ada dua laga yang akan dilakoni, yakni lawatan ke Arab Saudi (5 September 2024) dan menjamu Australia (10 September 2024)

Sedangkan Timnas Indonesia U-19 akan menggunakan nama tim U-20 dalam agenda terdekat di kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Mereka akan jadi tuan rumah bersaing dengan Timor Leste U-20, Yaman U-20, dan Maladewa U-20. Duel ini akan digelar pada 25-29 September 2024

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer