Sukses


Marselino Ferdinan Join Oxford United, Pengamat: Harus Jadi Inspirasi dan Jejaknya Disusul Pemain Lain!

Bola.com, Solo - Langkah gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, yang baru saja bergabung bersama klub Inggris, Oxford United, sudah semestinya menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi para pemain Indonesia.

Sebelumnya, Kepastian bergabungnya Marselino Ferdinan ini telah diumumkan langsung oleh Oxford United, Senin (19/8/2024). Pemain berusia 19 tahun itu akan berkompetisi di ajang Championship 2024/2025.

Dengan demikian, Marselino Ferdinan bakal menjadi pemain Indonesia keempat yang bakal merintis kariernya di Liga Inggris. Sebelumnya, sudah ada beberapa kompatriotnya seperti Elkan Baggott, Justin Hubner, dan Nathan Tjoe-A-On.

Elkan Baggott saat ini memperkuat Blackpool di kasta ketiga Liga Inggris. Sementara itu, Justin merumput bersama Wolverhampton Wanderers U-21. Adapun Nathan Tjoe-A-On bermain untuk Swansea City di kasta kedua.

Bergabungnya Marselino Ferdinan bersama Oxford United dianggap sebagai sebuah gebrakan baru bagi sepak bola Indonesia. Langkah ini diharapkan bisa menjadi standar acuan baru bagi para pesepak bola di tanah air.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Harus Jadi Inspirasi

Pengamat sepak bola Indonesia, Aris Budi Sulistyo, menegaskan bahwa merapatnya Marselino Ferdinan bersama Oxford United menjadi salah satu secercah harapan baru. Sebab, saat ini dia menjadi pemain lokal pertama yang menembus Liga Inggris.

Menurut mantan pelatih Persik Kediri itu, langkah yang diambil oleh Marselino harus menjadi lecutan semangat bagi pesepak bola Indonesia lainnya. Mereka diharapkan bisa mengambil langkah yang sama untuk bercita-cita menembus Erooa.

“Saya kira buat penyemangat pemain lain bahwa di Indonesia sudah ada banyak pemain yang sekarang sudah diberi tempat di negara-negara Eropa,” kata Aris Budi saat dihubungi Bola.com, Selasa (20/8/2024).

3 dari 4 halaman

Jadi Standar Baru

Selain itu, Aris Budi juga berharap hal ini menjadi acuan baru bagi para pesepak bola Indonesia. Mereka harus berjuang menembus kompetisi Eropa dan menjadikan Marselino sebagai standar baru untuk melanjutkan karier abroad.

“Setelah sekarang adanya Marselino Ferdinan yang sudah bisa menembus ke Liga Inggris, ini patut dijadikan sebuah contoh dan acuan untuk pemain-pemain lain,” ujar jebolan Liga Champions Asia 2007 bersama Persik Kediri itu.

“Jadi, jangan beranggapan bahwa pemain-pemain Indonesia tidak bisa menembus di Liga Eropa ataupun Liga Inggris. Sekarang sudah ada Marselino yang menjadi contohnya,” tambah lelaki asal Karanganyar itu.

4 dari 4 halaman

Alasan Oxford United

Pelatih Kepala Oxford United, Des Buckingham, mengaku mengetahui kiprah Marsel dari pemberitaan di Asia, yang menyebutkan bahwa dia adalah salah satu pemain muda terbaik yang sedang berkembang.

"Jadi ini adalah kesempatan yang baik menjadikannya bagian dari apa yang kami lakukan. Dia adalah pemain penyerang yang sangat menarik dan saya sangat senang bisa melihat bagaimana perkembangannya," katanya.

“Marselino memiliki banyak talenta yang kami cari dalam seorang pemain, dan kami lihat dia memiliki hasrat yang nyata untuk ingin berkembang dan memanfaatkan kesempatan ini.”

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer