Sukses


Marselino Ferdinan dan Pemain Berdarah Indonesia di Sepak Bola Inggris: Ada Legenda Arsenal dan Barcelona

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan menerima tawaran dari Oxford United di bursa transfer musim panas 2024. Pemain berusia 19 tahun itu dikontrak selama dua tahun oleh Oxford.

Oxford United adalah klub ketiga yang diperkuat Marselino Ferdinan di level sepak bola profesional. Pemain Timnas Indonesia itu pernah menjadi bagian dari Persebaya Surabaya dan KMSK Deinze.

Marselino Ferdinan pun sangat bersemangat menyambut kariernya di Oxford United. Apalagi klub yang dimiliki Erick Thohir dan Anindya Bakrie itu promosi ke EFL Championship untuk musim 2024/2025.

"Saya sangat bersemangat dan siap membuktikan kualitas saya," tandasnya.

Bola.com memiliki catatan mengenai pemain keturunan Indonesia lain yang pernah atau sedang merasakan kompetisi sepak bola Inggris. Siapa saja mereka?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On masih berkiprah di sepak bola Inggris. Pemain berusia 22 tahun itu masih menjadi bagian dari Swansea City.

Nathan Tjoe-A-On, sempat kesulitan mendapatkan menit bermain di Swansea City pada musim 2023/2024. Nathan bahkan sempat dipinjamkan ke SC Heerenveen.

Belakangan, Nathan Tjoe-A-On mulai mendapatkan kesempatan bermain di Swansea City. Penggawa Timnas Indonesia itu mulai mendapatkan kesempatan baik di Carabao Cup dan di EFL Championship.

3 dari 7 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott memiliki latar belakang yang unik. Bek muda ini lahir di Thailand. Namun, ayahnya orang Inggris, sementara sang ibu berasal dari Indonesia.

Namun, Elkan Baggott sangat mengenal sepak bola Inggris. Pemain berusia 22 tahun itu mengawali karier di akademi pemain muda klub tersebut.

Di musim 2024/2025, Elkan Baggott beredar di League One. Baggott memperkuat Blackpool.

4 dari 7 halaman

Jairo Riedewald

Jairo Riedewald memiliki garis keturunan Indonesia. Namun, pemain satu ini sudah tiga kali memperkuat Timnas Belanda di level senior.

Mulai musim panas 2024, Jairo Riedewald pindah ke Belgia. Gelandang bertahan satu ini menjadi bagian dari Royal Antwerp.

Sebelumnya, Jairo Riedewald pernah tujuh tahun memperkuat Crystal Palace. Ia sempat menjadi sosok penting di klub berjulukan The Eagles itu.

5 dari 7 halaman

Justin Hubner

Justin Hubner saat ini masih berusia 20 tahun. Namun, bek keturunan Belanda itu sudah sembilan kali memperkuat Timnas Indonesia.

Saat ini Justin Hubner masih menjadi bagian dari Wolves U-21. Sebelumnya ia sempat naik ke tim senior walau hanya menjadi pemain cadangan.

Justin Hubner sempat dipinjamkan ke klub Jepang, Cerezo Osaka. Hubner kembali ke Wolves setelah masa peminjaman yang singkat.

6 dari 7 halaman

Joseph Ferguson

Joseph Ferguson Simatupang adalah nama lengkapnya. Nama belakang itu sangat khas dengan suku Batak.

Joseph Ferguson saat ini masih berusia 21 tahun. Pemain keturunan Indonesia dan Inggris itu pernah menimba ilmu di akademi pemain muda Blackburn Rovers.

Joseph Ferguson kini masih bermain di Inggris. Bek kanan satu ini menjadi bagian dari FC United of Manchester.

7 dari 7 halaman

Giovanni van Bronckhorst

Jangan lupakan juga sosok Giovanni van Bronckhorst. Sosok yang kini berusia 49 tahun itu memiliki garis keturunan Maluku.

Giovanni van Bronckhorst pernah merasakan atmosfer sepak bola Inggris meski hanya sebentar. Gio pernah menjadi bagian dari Arsenal dari 2001 hingga 2003.

Namun, puncak kariernya bisa dikatakan terjadi saat memperkuat Barcelona. Giovanni van Bronckhorst meraih cukup banyak gelar termasuk Liga Champions 2005/2006.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer