Sukses


Sekilas Pratama Arhan: Lahir di Blora, Berkarier di Liga Jepang Sejak Usia Muda sampai Jadi Menantu Politisi

Bola.com, Jakarta - Pratama Arhan merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia yang sudah menjalani karier di luar negeri pada usia muda. Lantas seperti apa perjalanan karier pemain berusia 22 tahun ini? 

Pratama Arhan kini dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik yang dimiliki sepak bola Indonesia. Ia juga terus menjadi andalan di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia.

Jauh sebelum itu, Pratama Arhan adalah anak desa biasa yang bermimpi menjadi pesepakbola profesional. Arhan lahir dan besar di Blora, Jawa Tengah.

Ibunda Arhan yang bernama Suharti bahkan memiliki cerita menarik mengenai putranya. Suharti mengaku hanya bisa membelikan Arhan sepatu dengan harga yang sangat murah yakni Rp25 ribu.

Pratama Arhan memang lahir dari keluarga yang sederhana. Sang ibu hanya berjualan sayur untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga dan juga membantu Arhan untuk mewujudkan mimpi menjadi pesepakbola.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jebolan PSIS

Pratama Arhan pernah memperkuat beberapa SSB di Blora, Jawa Tengah. Bakatnya pun tercium oleh PSIS Semarang. Ia bergabung dengan akademi pemain muda Mahesa Jenar pada 2018.

PSIS Semarang adalah klub pertama Pratama Arhan du level profesional. Arhan tampil apik selama membala PSIS.

Kemampuannya sebagai bek kiri mulai diakui. Lemparan ke dalam keras yang menjadi ciri khasnya kini pun mulai terlihat saat ia memperkuat PSIS Semarang.

Pratama Arhan meninggalkan PSIS Semarang pada awal Maret 2022 untuk menerima tawaran dari klub Jepang, Tokyo Verdy.

3 dari 4 halaman

Dari Tokyo Verdy ke Suwon

Setelah gagal tembus tim utama di Tokyo Verdy, Pratama Arhan akhirnya memutuskan cabut ke Liga Korea Selatan lainnya, Suwon FC pada awal tahun 2024.

Sayang bersama Suwon FC nasib Pratama Arhan kurang lebih sama seperti di Tokyo Verdy. Dia bahkan langsung mendapat kartu merah pada laga debutnya. 

Usai momen kartu merah itu, Arhan berulang kali tidak masuk Daftar Susunan Pemain atau DSP. Meskipun begitu, Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia masih secara reguler memanggil Arhan. 

 

 

4 dari 4 halaman

Menikah

Pratama Arhan juga dikenal karena menikah pada usia muda. Dia menikahi wanita bernama Nurul Azizah Rosiade, putri dari anggota DPR RI, Andre Rosiade.

Akad nikah Pratama Arhan berlangsung pada Minggu (20/8/2023) di sebuah masjid yang ada di Tokyo, Jepang. Tokoh-tokoh penting hadir pada acara akad yang berlangsung cukup sederhana itu.

Termasuk Erick Thohir dan Sufmi Dasco yang menjadi saksi pernikahan Pratama Arhan dengan Nurul Azizah. Hadir pula tokoh sepak bola nasional seperti Indra Sjafri, Zainudin Amali dan banyak lagi yang lain.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer