Sukses


China Ketar Ketir Timnas Indonesia Bakal Diperkuat Maarten Paes pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Kehadiran Maarten Paes di Timnas Indonesia membuat China ketar ketir. Tim Garuda dan China dijadwalkan bakal bersua pada putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sejak resmi menjadi WNI pada 30 April 2024, Maarten Paes tak kunjung membela Timnas Indonesia pada laga internasional.

FIFA sempat menolak perpindahan asosiasi pemain berusia 26 tahun tersebut dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Pasalnya, Maarten Paes pernah membela Timnas Belanda U-21 saat berusia 22 tahun.

PSSI lantas mengajukan banding terkait keputusan FIFA tersebut. Sidang banding telah berlangsung pada 15 Agustus lalu, dan hasilnya diumumkan pada Senin (18/8/2024).

Lewat akun Instagram pribadinya, Ketua PSSI, Erick Thohir, menyebut Maarten Paes sudah sah dan bisa didaftarkan untuk membela Tim Garuda. Dengan adanya keputusan tersebut, Paes berpeluang membela Timnas Indonesia pada laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Debut Tertunda

Sayangnya, debut Maarten Paes bersama Timnas Indonesia harus tertunda. Awalnya, Paes direncanakan akan dimainkan saat Skuad Garuda bertandang ke markas Arab Saudi pada laga putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 5 September mendatang.

Dia masih belum bisa tampil dengan seragam Tim Garuda karena terganjal aturan yang dimiliki AFC. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menjelaskan pendaftaran pemain untuk pertandingan pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah ditutup sejak 5 Agustus lalu.

Sementara itu, Maarten Paes baru selesai proses perpindahan federasi dari KNVB menuju PSSI pada 18 Agustus yang lalu.

 

3 dari 4 halaman

Bikin China Ketar Ketir

Meski belum bisa membela Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi, Maarten Paes bisa didaftarkan untuk tampil pada laga selanjutnya di Grup C. Selain Arab Saudi, Tim Garuda juga bakal berjumpa Australia, Bahrain, Jepang, dan juga China.

Kehadiran Paes ternyata membuat lawan-lawan Timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 mulai ketar ketir, satu di antaranya adalah China. Media China, Sohu, menyoroti kehadiran penjaga gawang Dallas FC tersebut.

"Timnas Indonesia terus melanjutkan proses naturalisasi skala besar. Pemain ke-14 telah bergabung, dan semua posisi telah diperkuat secara komprehensif, sehingga prospek Timnas China untuk lolos menjadi tidak pasti," tulis Sohu, seperti dikutip media Korea Selatan, Khan.co.

 

4 dari 4 halaman

Tandang ke China

Berdasarkan jadwal, Timnas Indonesia akan lebih dulu bertandang ke markas China, Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, 15 Oktober 2024. Adapun duel kedua giliran Tim Garuda yang menjadi tuan rumah pada 5 Juni 2025.

"China juga terus melakukan naturalisasi secara besar-besaran, namun diketahui akan mempertahankan skuad timnasnya saat ini untuk sementara waktu," ulas Khan.co.

"Sementara itu, masyarakat sangat tegang mendengar kabar adanya tambahan naturalisasi di Timnas Indonesia."

Video Populer

Foto Populer