Sukses


6 Bintang Timnas Indonesia yang Gabung Klub Anyar di Bursa Transfer Saat Ini: Tantangan Baru Penghuni Skuad Garuda!

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2024 diwarnai dengan sejumlah pergantian klub yang dialami oleh bintang-bintang Timnas Indonesia. Baik mereka yang bermain di liga Eropa maupun di BRI Liga 1 2024/2025, tantangan baru akan mereka jalani.

Timnas Indonesia akan menjalani kampanye di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mulai September 2024 hingga Juni 2025.

Banyak pemain Tim Garuda mulai berganti klub demi terus mendapatkan menit bermain hingga bisa bersaing menembus skuad asuhan Shin Tae-yong.

Baik pemain-pemain yang berkarier di Eropa maupun yang berlaga di BRI Liga 1 2024/2025, kepindahan klub diharapkan bisa menjadi tantangan baru yang mereka butuhkan untuk bisa terus mengasah kemampuan dan bersaing demi tempat di Timnas Indonesia.

Lalu siapa saja pemain Timnas Indonesia yang berpindah klub pada musim panas ini demi mendapatkan pengalaman dan tantangan baru?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Ragnar Oratmangoen

Penyerang sayap Timnas Indonesia ini bakal menjalani tantangan baru bersama klub promosi di kasta tertinggi sepak bola Belgia, FCV Dender.

Ragnar Oratmangoen baru saja menandatangani kontrak berdurasi dua tahun bersama FCV Dender setelah direkrut dengan status bebas transfer.

Ragnar sebelumnya bermain di Belanda bersama Groningen, dan bergabung bersama FCV Dender akan menjadi sebuah pengalaman baru tampil di kasta tertinggi sepak bola Belgia.

 
3 dari 7 halaman

Marselino Ferdinan

Jika Ragnar Oratmangoen datang ke Belgia demi mendapat pengalaman baru setelah tampil di Belanda dalam sepanjang kariernya, Marselino Ferdinan justru meninggalkan Belgia untuk bisa naik level ke Inggris.

Setelah musim lalu membela KMSK Deinze di kompetisi kasta kedua Belgia, dan tak mendapatkan banyak menit bermain, Marselino Ferdinan kini menjajal peruntungan dengan bergabung besama Oxford United, klub yang bermain di kasta kedua sepak bola Inggris, EFL Championship.

Berhasil menembus liga Inggris menjadi pencapaian yang luar biasa bagi Marselino. Harapannya tentu di masa depan pemain yang pernah memperkuat Persebaya Surabaya itu bisa menembus Premier League.

4 dari 7 halaman

Nathan Tjoe-A-On

Sebenarnya Nathan Tjoe-A-On sudah menjadi milik Swansea City sejak 2023. Namun, ia belum pernah bermain membela klub Wales itu di tim utama hingga dipinjamkan ke klub Belanda, Heerenveen, pada paruh kedua musim 2023/2024.

Kembali ke Swansea City pada musim 2024/2025, Nathan Tjoe-A-On mendapatkan kesempatan menjalani debut di ajang Carabao Cup.

Setelah mendapatkan debutnya bersama Swansea City di kompetisi domestik Inggris itu, Nathan Tjoe-A-On sempat menjadi pemain cadangan tanpa bermain ketika timnya kalah 0-1 dari Middlesbrough pada pekan pertama EFL Championship.

Namun, pada pekan kedua, ketika Swansea menang 3-0 atas Preston North End, Nathan Tjoe-A-On mendapat kepercayaan selama beberapa menit sebagai pemain pengganti yang masuk pada menit ke-88.

5 dari 7 halaman

Dimas Drajad

Setelah hampir delapan tahun menjadi bagian dari PS TNI yang berevolusi hingga menjadi Persikabo 1973, Dimas Drajad kini menjajal tantangan baru pada musim 2024/2025. Penyerang Timnas Indonesia ini bergabung dengan Persib Bandung.

Dimas Drajad selalu mendapatkan kesempatan dari Bojan Hodak dalam dua laga pertama Persib Bandung pada musim 2024/2025. Bahkan Dimas Drajad selalu menjadi starter yang diganti pada babak kedua.

Dimas Drajad juga sudah memberikan kontribusi untuk Persib Bandung lewat dua assist dalam dua laga tersebut.

Dimas Drajad selalu memberikan assist untuk gol pertama Persib di setiap pertandingan, yaitu gol pertama David da Silva saat menghadapi PSBS dan gol Tyronne del Pino saat melawan Dewa United.

Dengan peran barunya sebagai penyerang sayap di Persib Bandung dan terbukti memberikan kontribusi nyata, Dimas Drajad jelas punya perkembangan yang bagus di lapangan dan bisa memberikan pengaruh terhadap performanya ketika membela Timnas Indonesia.

6 dari 7 halaman

Yakob Sayuri

Setelah membela PSM Makassar sejak 2020, Yakob Sayuri akhirnya berganti kostum di BRI Liga 1 2024/2025. Pemain sayap kelahiran Yapen ini memilih bergabung bersama klub promosi Liga 1, Malut United.

Meski belum memberikan kontribusi nyata bagi Malut United dalam dua laga pertamanya di BRI Liga 1, Yakob Sayuri selalu menjadi starter.

Ini jadi bukti bahwa peran penting dimiliki pemain yang selalu mendapat panggilan dari Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia ini.

 

7 dari 7 halaman

Malik Risaldi

Penampilan apiknya bersama Madura United di BRI Liga 1 2023/2024, termasuk membawa Laskar Sape Kerrap melangkah hingga final Championship Series, menarik perhatian Shin Tae-yong untuk memanggilnya memperkuat Timnas Indonesia.

Sejauh ini Malik Risaldi baru memainkan satu penampilan bersama Timnas Indonesia ketika menghadapi Tanzania pada 2 Juni 2024.

Penampilan apiknya bersama Madura United pada musim lalu juga membawa Malik Risaldi menarik perhatian Persebaya Surabaya untuk merekrutnya pada musim 2024/2025 ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer