Sukses


Rapor Kinclong Maarten Paes bersama FC Dallas: Gawang Timnas Indonesia Bakal Sering Clean Sheet Nih

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes mengirimkan sinyal mengerikan tak lama setelah dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia. Paes mengaku sudah tak sabar tampil bareng Tim Garuda.

Lewat akun resmi PSSI, Maarten Paes mengaku senang sekaligus siap tempur. Berlaga untuk Tim Garuda merupakan suatu kebangaan baginya.

"Saya ingin bermain secepatnya," ujar penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut. Pernyataan Maarten Paes langsung membuat China, satu di antara lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia di Grup C putaran ketiga Kualifkasi Piala Dunia 2026 zona Asia, ketar-ketir.

Sohu, media top di Negeri Tirai Bambu, menurunkan warta terkait kedatangan Maarten Paes ke dalam skuad besutan Shin Tae-yong. "Semua posisi telah diperkuat secara komperhensif," tulis Sohu.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Belum Bisa Tampil

Jelas tak hanya China. Musuh-musuh lainnya seperti Jepang, Bahrain, Australia, serta Arab Saudi yang menjadi lawan pertama Timnas Indonesia pastinya juga was-was.

Duel pertama Indonesia bakal tersaji di King Abdullah Sport City pada 5 September, yang hanya tinggal hitungan hari. Di stadion megah tersebut, Tim Garuda menantang tuan rumah Arab Saudi yang ditukangi legenda Italia, Roberto Mancini.

Sayangnya, penjaga gawang Dallas FC tersebut masih belum bisa tampil dalam duel tersebut. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menjelaskan pendaftaran pemain untuk pertandingan pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah ditutup sejak 5 Agustus lalu.

Sementara itu, Maarten Paes baru selesai proses perpindahan federasi dari KNVB menuju PSSI pada 18 Agustus 2024. Meski begitu, sang kiper masih bisa membela Timnas Indonesia untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Kinclong Bersama Dallas FC

Sebelum merapat ke MLS atau Major League Soccer pada 2022, kiper kelahiran 14 Mei 1998 tersebut sudah kenyang pengalaman di Liga Belanda bareng NEC Utrecht, serta Jong Utrecht.

Awalnya, si murah senyum itu hanya berstatus pinjaman di Dallas FC. Mengingat performanya yang terus melambung, Dallas FC tak mau kehilangan dengan mengganjarnya via kontrak permanen.

Kontrak permanen membuat penampilan Maarten Paes kian kincolong dan juga keren. Di MLS, si jangkung ini masuk daftar elite penjaga gawang cemerlang.

Bayangkan, dalam tiga musim, total ia mencatatkan 20 clean sheet dengan persentase penyelamatan 73,7 persen. Maarten Paes juga banjir sanjungan karena sejauh ini sudah melakukan penyemalatan gemilang sebanyak 85 kali.

 

4 dari 4 halaman

Masuk MLS All-Star

Tak hanya itu, akurasi umpan panjangnya mencapai 35,67 persen. Saking bagusnya, sampai-sampai pengelola MLS memilih Maarten Paes ke tim MLS All-Star yang dijejali bintang-bintang besar dunia macam Lionel Messi, Luis Suarez, Jordi Alba, Sergio Busquets, serta Hugo Lloris. Wow, ngeri!

Berbagi lapangan dengan pemain-pemain kelas dunia pastinya membuat Maarten Paes punya percaya diri, mental bertanding, dan ketenangan yang tak dimiliki banyak pemain, termasuk musuh-musuh Timnas Indonesia di Grup C.

Wajar kalau kemudian Maarten Paes blak-blakan mengaku kalau dirinya sudah tak sabar ingin unjuk gigi bersama Timnas Indonesia. Menarik untuk menanti aksi Spiderman kebangaan kita ini.

Video Populer

Foto Populer