Sukses


Perkenalkan Wonderkid Timnas Putri Indonesia Kayla Ristianto, Jebolan Paman Sam Nih!

Bola.com, Jakarta - Satu lagi calon bintang masa depan Timnas Putri Indonesia siap mengguncang dunia. Dengan bakat luar biasa di atas rata-rata pemain seusianya, Kayla Ristianto mengundang decak kagum setiap mata yang memandangnya menggiring si kulit bundar.

Siapa Kayla Ristianto dan mengapa ia harus diacungi dua jempol? Di Timnas Putri Indonesia, Kayla Ristianto bukanlah nama asing.

Bek jangkung berusia 19 tahun ini pernah dipanggil ke Timnas Putri Indonesia besutan Satoru Mochizuki.

Latar belakangnya cukup keren. Pemain diaspora ini masih tercatat sebagai pilar Cornel Women's Soccer Team, Amerika Serikat.

Ia memang tinggal di Negara Paman Sam mengikuti kedua orang tuanya, Kayla Ristianto dan Vania Ristianto.

Dari 2019 sampai 2023, si cantik semampai ikut membawa FC Dallas Women ke peringkat ketiga Kualifikasi ECNL Nasional 2022.

Sebelum merapat ke Cornel Women's Soccer Team, kelahiran Dallas, AS, 18 Februari 2005 memperkuat FC Dallas Women cukup lama.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Putuskan Mudik

Dengan pengalaman gemerlap itulah, Kayla Ristianto memutuskan mudik ke tanah leluhur untuk berjibaku demi panji-panji Merah Putih di pentas Internasional.

Lewat kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini, Kayla Ristianto blak-blakan ihwal mimpi, nazar, dan rasa kagumnya terhadap Timnas Putri Indonesia.

"Bermain dengan Timnas Indonesia adalah suatu mimpi bagiku dan cita-cita dalam karier sepak bolaku," bebernya.

Meski tak lahir dan besar di Indonesia, Kalya Ristianto tak akan pernah lepas dari tanah leluhur yang sangat ia banggakan.

"Meskipun aku tidak dibesarkan di Indonesia, tapi keluargaku dari Indonesia. Jadi Indonesia selalu kuanggap sebagai rumah dan bermain untuk negara rasanya sangat luar biasa seperti membuat saya bangga menjadi orang Indonesia," kata Kayla. 

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Skill Mumpuni

Melihat rekaman video aksi Kalya Ristianto, sejatinya ia memang layak mendapat tempat utama di skuad besutan Satoru Mochizuki.

Tak hanya pandai menipu lawan dengan gocekan, Kalya Ristianto juga punya kecepatan. Seledik demi selidik, ternyata si rambut panjang itu juga atlet lari spesialis 100 meter dan 400 meter.

Wajarlah kalau dia dapat dengan mudahnya melewati pemain lawan, melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, lalu sejurus kemudian sudah kembali ke posisinya di lini belakang.

Kelincahan serta kekuatan fisik ternyata tak datang begitu saja. Semua melalui proses yang berulang selama bertahun-tahun.

"Setiap hari latihan, biasanya setiap jam tujuh pagi. Tempat latihannya tak terlalu jauh dari rumah, hanya butuh waktu 10 menit," kata Kalya Ristianto.

Biasanya latihan apa, Kalya Ristianto? "Saya suka berlari dan melakukan sentuhan dengan bola sendiri," kata mahasiswi di salah satu universitas di AS.

 

4 dari 4 halaman

Main untuk Tiimnas Selalu Membuat Bersemangat

Bermain bareng timnas selalu membuat Kalya Ristianto bersemangat dan meledak-ledak.

"Rasanya seperti tidak nyata, seperti mimpi bagiku. Sangat bersyukur dengan kesempatan itu, sangat menyenangkan dan aku sangat antusias bermain dengan semuanya," tukas Kalya Ristianto terkait pemusatan latihan (TC) Garuda Pertiwi di Hong Kong beberapa waktu lalu.

"Itu rasanya sedikit seperti kejutan. Saya (sebenarnya) sudah dipanggil tahun lalu, jadi saya benar-benar tak mengharapkan apa pun waktu itu. Tapi ini sangat menyenangkan".

"Mereka semua sangat luar biasa dan mereka semua menyambutku dengan baik. Itu sangat menginspirasi. Semua orang sangat ramah," kata Kalya Ristianto mengenai rekan-rekannya di Timnas Putri Indonesia.

Kehadiran Kayla Ristianto semoga membawa dampak positif bagi performa Timnas Putri Indonesia ke depan, seperti halnya pemain diaspora di timnas putra.

Kebijakan PSSI yang membuka kran sebesar-besarnya bagi pemain kuturunan dan diaspora untuk memperkuat timnas kini mulai menuai hasil, walau untuk menuju ke sana tak semudah membalikkan telapak tangan.

Video Populer

Foto Populer