Sukses


Tak Ada Garansi Maarten Paes Jadi Kiper Utama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Harus Bersaing dengan Ernando dan Nadeo

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak bisa memberikan garansi kepada Maarten Paes untuk menjadi kiper utama Tim Garuda. Sebab, penjaga gawang berusia 26 tahun itu juga harus bersaing dengan kiper lainnya.

Maarten Paes masih absen membela Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan Arab Saudi dalam partai pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada 5 September 2024.

Kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) itu baru bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia kala meladeni perlawanan Australia dalam matchday kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, lima hari berselang.

"Walaupun Maarten Paes datang, saya tidak bisa menjamin 100 persen dia yang akan bermain terus-terusan," ujar Shin Tae-yong di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/8/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Dunia Persaingan

Selain Maarten Paes, Timnas Indonesia juga masih mempunyai Ernando Ari Sutaryadi hingga Nadeo Argawinata di bawah mistar gawang. Nama pertama bahkan telah menjadi penjaga gawang utama Tim Garuda dalam setahun terakhir.

"Memang, dia pasti akan menjadi kekuatan yang baik untuk Timnas Indonesia. Namun, sama saja. Ini dunia persaingan," imbuh Shin Tae-yong.

"Jadi mau Ernando Ari, mau Nadeo, siapa pun itu harus bersaing dengan baik di Timnas Indonesia," tutur arsitek berusia 53 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

Tergantung Kondisi Pemain

Bukan hanya Maarten Paes, personel lain juga tidak mendapat jaminan bermain sebagai starter di Timnas Indonesia. Shin Tae-yong berpatokan terhadap kondisi para pemain, bukan nama besar.

"Setiap harinya, akan berubah kondisi para pemain. Jadi akan melihat kondisi pemain yang terbaik siapa, dia yang bakal bermain," imbuh Maarten Paes.

Ernando Ari kemungkinan akan menjaga gawang Timnas Indonesia untuk berhadapan dengan Arab Saudi. Sementara, Maarten Paes bisa mendapatkan kesempatan bermain kontra Australia.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer